Wakaf, Shadaqah, anyone?

Saya sempat nonton ulang video-videonya Ali Banat, Allohuyarham, yang menurut saya sangat menginspirasi. Beliau masih muda, sukses, kaya raya, gaya hidup super mewah. Ketika dokter menyampaikan bahwa kanker sudah menyebar ke seluruh tubuhnya, dia mengubah visi misi hidupnya, mewakafkan harta, tenaga, dan waktunya untuk kesejahteraan dan pendidikan kaum dhuafa di Afrika.

Tidak semua orang, mendapat “lampu kuning” dan kesadaran, bergegas mempersiapkan tabungan akherat dengan project-project yang menginspirasi banyak orang.

Lanjutkan membaca, Klik di sini
Continue reading

Advertisements

Peluang Sukses Selalu Ada Nak

Peluang Sukses Selalu Ada, Nak…

Saya ini “produk” gagal UMPTN (sekarang namanya SBMPTN). Sempat kepingin ikut ujian tahun berikutnya. Tapi akhirnya “nurut” saran orangtua. Kuliah di swasta jurusan teknologi informasi.

Padahal… Tahu gak, SMA saya jurusan Biologi…. Tapi hati saya pingin kuliah dimana? Sastra Perancis, wkwkw… Jauh.

Berkah nurut ortu. Sepekan lulus ujian S1, belum wisuda, saya sudah diterima bekerja di perusahaan Jepang (dulu namanya SANYO) sebagai Programmer tahun 1996 dengan gaji awal Rp 625.000,- lumayan besar untuk lulusan S1 cupu kayak saya jaman ituu.

Tahun berikutnya menikah. Setahun kemudian punya bayi. Tujuh tahun kemudian, loncat ke dunia marketing, manajemen, dan kecantikan. #uhuk

Alhamdulillah 8 tahun karir saya di marketing, bisa dibilang lumayan. Sempfet dapet reward jalan-jalan ke Yunani tahun 2008, nraktir bapak saya (Allohuyarham) umroh, ganti kendaraan, dan investasi properti.

Setelah anak-anak beranjak remaja, saya memutuskan menjadi stay-at-home-mom. Harapan saya bagaimana caranya punya keturunan yang Qurrota A’yun, sesuai dengan doa yg sering kami panjatkan (surat Al Furqan ayat 74).

Alhamdulillah, hingga cerita ini saya ketik, anak-anak kami dimudahkan oleh Allah meraih goal-target sesuai passionnya masing-masing. Yaaa, tantangan kegalauan kekecewaan, pasti ada dong. Saat itulah peran orangtua merangkul, memberi semangat, tambahan informasi dan masukan norma² positif.

Putri sulung saya konsisten di sekolah negeri, mulai SD, SMP, SMA hingga saat ini semester lima di FEMA, fakultas ekologi manusia, jurusan ilmu gizi, Institut Pertanian Bogor. Dua tahun lalu dia masuk jurusan tersebut lewat jalur SNMPTN. Alhamdulillah berkah dari banyak doa keluarga dan sahabat untuk si kakak. Terima kasiiih… Jazakumullahu khairan.

Sedangkan adiknya, tahun inii pede banget nolak ikutan SBMPTN karena keukeuh pingin fokus persiapan ke Syariah LIPIA Jakarta, Al Azhar Kairo Mesir, dan Maroko. …. Mohon doanya lagi, yaaa.. Semoga Allah beri yang Terbaik, aamiin.

Jadi….
.
.

Anak-anakku sayaang yang tahun ini belum berhasil masuk PTN pilihan…….

Kecewa… Wajar… Krn kamu sudah belajar keras….
Sedih? Boleh banget… manusiawi….
Tapi jangan kelamaan yaaah….

Berlian ituu… jadi kelihatan indah dan mahal setelah ….. direndam, diperas,
disaring, dipanaskan, ditempa, dipukul, dikerok, dipanaskan lagi, ditempa ulang, dikikis……

Sedangkan kalian?
Kalian lebih mahaaaall lagii dibandingkan berlian. Priceless. Tak ternilai harganya.

Apapun cita-cita mulia kalian, orangtua pastii akan dukung, mengusahakan dan mendoakan yang terbaik.

Kuliah dimana pun, atau pun qadarullah tidak kuliah pun…. Peluang jadi orang sukses itu selalu ada dan banyak pilihan jalannya…

Dimana ada kemauan, di sana ada jalan.
Bila belum ketemu jalan, maka buatlah jalan.
Mari jalan-jalan. #eh

Coba …. sekarang… tulis ulang Dream kalian, impian, cita-cita, berikut rencana-rencana kerjanya, mau ngapain dulu, minta bantuan siapa,, abis itu ngapain, abis itu belajar apaan lagi. Tempel di dinding kamar, di meja belajar, jadikan wallpaper laptop, sleep-mode henpon. Makin mudah terlihat makin sering tiap hari. Makin bagus…..
Coba merenung ulang, evaluasi, hal-hal apa saja yg perlu diperbaiki.

Bungkus semuanya dalam doa. Setiap hari. Lakukan apa saja yang bisa dilakukan semampu kalian. Sebaik-baiknya.

Pemain sepak bola yang jagoooo banget cetak Goll, itu latihannya nendang bola lebih dark seribu kali, sehari. Mereka lakukan setiap hari. Berminggu. Berbulan. Konsisten. Persisten.

Kesuksesan akan mendatangi orang-orang yang kenyang persiapan. So.. Are you ready?

Subuh Menuju Masjid Al Aqsha

6 February 2017.

Dari sekian puluh pintu Komplek Masjid Al Aqsha, hanya 3 yang dibuka, dan itu pun dijaga oleh polisi israel yang beragama islam.

Beberapa kali saya jalan sendirian (karena tertinggal jamaah) masuk lewat Herod’s Gate , mereka menyapa dengan ramah, “Assalamu’alaikum, from Indonesia? Ahlan wa sahlan..”

Tidak terasa kesan *perang* atau musuhan, iya karena mereka polisi muslim. Mereka shalat juga. Mereka menjaga Masjid Al Aqsha, agar tetap steril dari kunjungan orang non-muslim.

#ayoziarahkemasjidilaqsha
#palestina_aman

UBP #MasjidilAqsha

Allah Swt berfiman,

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

QS Al Isra’ : 1

Sabda Rasulullah saw :
“Janganlah memaksakan (berusaha keras) mengadakan perjalanan kecuali pada tiga masjid, Masjidil Haram, Masjid Rasul saw, dan Masjid Al Aqsha” (Shahih Bukhari).

“Sholat di Masjidil Haram lebih utama seratus ribu kali lipat daripada sholat di masjid-masjid lainnya. Sholat di Masjid Nabawi lebih utama seribu kali lipat. Dan sholat di Masjidil Aqsha lebih utama lima ratus kali lipat.” (HR Ahmad dari Abu Darda).

.
 photo FB_IMG_1529876665199_zpszzj8uen7.jpg
.

Allahu Akbar…. Allah mewujudkan impian kami, mengunjungi tanah yang diberkahi. Negeri para Nabi dan Rasul-Nya.

Semoga Allah memudahkan sahabat semua berkunjung ke sini… aamiin.
.

 photo FB_IMG_1529876698558_zpsez9x06w5.jpg

.
 photo FB_IMG_1529876837712_zpsrwkfxl4b.jpg
.
 photo FB_IMG_1529876830846_zpst5czoqni.jpg
.

 photo FB_IMG_1529876845711_zpswtwahicq.jpg
.
 photo FB_IMG_1529876841532_zpsvpnz7pin.jpg
.

Hari kedua, setelah shalat Subuh, kami bertemu dengan Syaikh Yusuf, imam Masjid Al Aqsha, beliau menunjukkan tempat-tempat bersejarah, maqam (bukan kuburan, tapi tempat yang pernah disinggahi) Nabi Zakaria, Bunda Maryam, Nabi ‘Isa , Nabi Musa, dsb. Setelah itu kami masuk duduk dalam ruang kerja sang imam, menyimak taujih dan berdoa bersama.

.

Kami sudah teruskan amanah sahabats di tanah air kepada imam besar Masjid Al Aqsha Syaikh Yusuf. Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang lebih banyak, aamiin…
.

 photo FB_IMG_1529876928329_zpsn12i8owc.jpg

.

 photo FB_IMG_1529876924279_zps9k7wdm7a.jpg

 photo FB_IMG_1529876920761_zpsga1oocen.jpg

.

 photo FB_IMG_1529876951797_zpsrgjx4wdz.jpg

.

 photo FB_IMG_1529876937584_zpsrutjbhmw.jpg

.

Berkunjunglah ke sini, sahabats… Bermimpilah dan bersungguh-sungguhlah… Saudara-saudara kita di sana sangat bahagia menerima kunjungan kita, sehingga mereka tidak merasa berjuang sendirian, mempertahankan kiblat pertama umat Islam.

Jika belum mampu berkunjung, maka berjuanglah bersama mereka melalui harta kita, berikanlah infaq terbaik. Dan kirimkanlah terus-menerus doa-doa terbaik kita. Sehingga kelak di akhirat ketika Allah bertanya bagaimana pembelaan kita terhadap masjid ini, in syaa Allah kita punya jawabannya.

…..

UBP Aqsha #Jericho

Bismillah,

ini adalah lanjutan cerita Umroh Backpacker Plus Al Quds Palestina.

Cerita sebelumnya bisa Klik di sini yaa…

4 Februari 2017.

Jam 8 pagi dari kota Amman, kami naik bus menuju kota Jericho melalui Allenby Bridge, perbatasan negeri Jordan dan Palestina. Sepanjang perjalanan kami berdzikir dan berdoa memohon pertolongan Allah agar diridhoi mengunjungi tanah suci para Nabi dan Rasul. Baitul Maqdis.

Saya hanya membawa koper kecil ukuran kabin. Sedangkan koper-koper besar kami titip di ART Hotel di kota Amman. Saya usahakan seringkas sepraktis mungkin bawaan bekal untuk mempermudah proses imigrasi yang amat sangat super ketat dan berlapis-lapis di perbatasan.

Petugas imigrasi melakukan random check-in. Paspor. Sepertinya sebagian mereka baper dengan nama-nama islami seperti Muhammad, Umar, Mansur. …. tapi karena sejak jauh hari sudah dibilangin tentang hal ini oleh tour guide, kami sabar menunggu dengan dzikir dan mendoakan bapak-bapak dan anak-anak yang sempfet “nyangkut” hampir 2 jam di pos imigrasi. Alhamdulillah semua lolos, lega… sehingga kami dapat melanjutkan perjalanan, naik bus menuju sebuah rumah makan di kota Jericho, untuk sholat dan maksi.

 photo IMG-20180625-WA0009_zpszkjzsm47.jpg

………..

Jericho diyakini sebagai kota tertua di dunia. Terletak di Tepi Barat Sungai Jordan, kota ini bahasa Arabnya disebut ARIHA, berada dalam wilayah teritori Negara Palestina.

Tempat wisata populer di kota Jericho adalah Mount of Temptation. Dalam kepercayaan Nasrani, Jesus pernah digoda oleh setan selama tiga kali di gunung ini. Di atas gunung sekarang dibangun gereja. Kami sendiri cukup melihat dari bawah saja.

 photo fbb4be6a7082c1461598367e07480cf2_zpsrgbk3dka.jpg

 photo 54d2ec3e68893413c933fee0eeea3104_zps58jhxu86.jpg

 photo 999f424da209c8f241785d400def95b9_zpsyynlpjbi.jpg

Jericho adalah kota tertua dan terendah di dunia, 400 m di bawah permukaan air laut. Beberapa ulama muslim percaya di kota inilah Nabi Isa dilahirkan, meskipun tidak pernah ada yang tau dimana tepatnya. Allah yang Lebih Tahu.

Kompilasi Batik Abaya

Pekan kedua April 2015 mau berangkat umroh, baru terima bahan batik (seragam) H-7. … Bingung mau jahit dimana, dan panjang bahan kurang cukup buat dibikin gamis model umbrella.

Saya juga punya Abaya oleh-oleh umroh, belum pernah dipakai krn kependekan… Cakep, suka…

Saya punya langganan mamang vermak keliling. ….. Akhirnya….. Saya vermak aja, kompilasi dengan batik seragam umroh, jadinya kayak gini. 😀

Persiapan Kemoterapi

Periksa darah lengkap. Bawa hasil lab ketemu dokter.
Saya berharap banget, dapat memenuhi komitmen jadwal kemoterapi dalam kondisi jasmani yang sebaik-baiknya. Doakan, yaaa…. 🙂
.
.
.
Tadi malam jadwalnya ketemu Dokter Findy.
Daftar by phone pagi sudah dapet nomer antrian 10. Perkiraan ba’da maghrib baru masuk ruang konsultasi.

Tumben lamaaa banget antrinya…
Kenapa?
Ada 1 pasien, pengantarnya 5 orang.
Sepertinyaaa…. mereka di dalam ituuh… sekalian ngocok arisan apa yah….. Alamak, 1 pasien, 1 jam lebih. …… Pingin kesel, tapi inget harus jaga rasa tetap rileks…..

Untuuuungg pendamping pasien (no.11) setelah saya (no.10) gualaaake… Puooollll…. si koko nelpon siapalah siapalah, di depan pintu ruang praktek dokter, ngomong keras2…

“Belooomm…. Belom kelar…. Nih 1 pasien udah 1 jam masih di dalem… Ga tau diri, di luar banyak yg antri…. ”

Saya pingin ngakak ngliatnya….

Emang kebangetan sihh…. ngerugiin banyak orang, lohh….
Mereka masuk dari jam 19.05 … Hampir jam 20.30 belum keluar juga…. suamiku mulai nggrenengan (ngedumel, complain)….
Pasien setelah mereka itu kan ada orang sepuh, ada anak-anak…. bahkan ada ibu-ibu yang membatalkan perjanjian, krn beliau ada di nomer antrian 13.

Alhamdulillah selesai jugaaa mereka. Keluar dari ruang dokter, bukannya minta maaf ngasih penjelasan, malah melototin si koko yang nelpon…. Lhaaah? Apakabar revolusi mental? #eh

Untuuung… gue lagi pengen insap…. Langsung masuk ruang periksa….
Dokternya, yang minta maap, sambil senyum kecut…

Alhamdulillah setelah dokter memeriksa saya secara teliti dengan stetoskopnya, hasil lab, baik, dianggap siap kemo berikutnya.

“Ada keluhan gak, bu?”

Saya: “Alhamdulilah standar aja sih Dok, sama lahh dengan kemo pertama, tapi masih bisa diatasi.. tambahan, lebih sering laper.. padahal makan udah banyak dan sering… Alhamdulillah..”

#tertawa “Alhamdulillah, bagus dooung.. berat badan ada kenaikan gak?”

Saya: “Stabil Dok… jarumnya masih di angka 54 kg.”

“Good…”

Di dalam ruang konsultasi kami hanya 15 menit.

Ya eiyyalaah… kan saya bisa WA-an tiap hari ama dokternya…. Subuh2 aja saya nanya, dijawab kok….

Begitu keluar, pasien2 berikutmya semuaaa tersenyum lega pada kami.

Langkah berikutnya kami mengurus administrasi: booking kamar, booking obat-obatan, minta tolong pihak rumah sakit konfirmasi ke asuransi, dan ngabarin balik ke kami kalo biaya sudah diACC.

Waktu antri di depan loket farmasi….

Tau gak sih… ituu pasien yang berenam ama aki nini bapake mamake… masiiihh aja berisik diskusi…. Satu orang yang dominan nyerocos… Lakik, bawelnyaaa lebih2 dari cewe.

“Bla bla bla bla…. Bener gak…. Bla bla bla…. Bener kan…. ” merepet kek petasan janwee….

Empeng mana empeng. Pingin nyumpel pake dot bayi.

Emang dasar gue udah empeth ajaa dari tadi….. Hahahaha…

Colek suami, bisik-bisik sambil ketawa…
Bang…. Ayo kita ke kantin aja…. Eneng laper…

.
.
.

Menulis, melepas rasa, memeluk asa.
H-2 kemoterapi ketiga.
#second_life #family #friends #support #much_pray #much_love #laugh_and_relax