Dzikrul Maut

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. [Ali Imran:185]. .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ “
.

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631) .

Dan berita kematian adalah pelajaran dan pengingat terbaik.
Ahad, 28 Juli 2019.
🚆 Taksaka tujuan Jakarta.


Enam Jam di Malang.

.
Setelah anakku masuk asrama dan mulai KBM di @markazarabiyah emaknya “mampir” ke Malang sowan salahsatu member Sahabat Sehat, mbak @dyankalandra .
Beliau seorang penyitas kanker yang tangguh, super sabar, tapi lucu, meriah. Pinter masak enak. Aku nyicipin cemilan pisang rebusnya dengan rempah spesial, rasanya, wuihh legit. .

Kami jalan dan jajan ke pusat kota, Masjid Raya, berjemur matahari di alun-alun, mampir ke outlet Strudel, brunch (breakfast and lunch) pecel dan rujak cingur. Ngobrol dari hati ke hati, bagaimana sikap mental kita dalam menjalani anugerah kanker. Rasa syukur dan penghargaan tertinggi untuk, pasangan hidup, yang sedemikian hebat sabar telaten mendampingi kita menjalani masa-masa sulit. Ma syaa Allah tabarakallah. .

Kesimpulan kami sama.
Ujian ini = karunia keberlimpahan kebaikan. Ujian ini, cara Allah menghapuskan dosa, dan mewujudkan doa-doa jaman duluuu yang kita sudah lupa pernah berdoa meminta kenikmatan itu. Ma syaa Allah, terimakasih sharingnya, mbak Dyan. Barakallahufikum. .
.

Perjalanan Pare – Malang pp saya menggunakan jasa travel @diengtravelpare dijemput di hotel, diturunkan di rumah mbak Dyan, demikian juga pulangnya. Praktis, kan… Pemesanan tiket travel via WhatsApp. Mobilnya kijang innova. Berangkat dari pare jam setengah tiga pagi, sampai rumah mbak Dyan jam setengah lima. Bertamu pas adzan Subuh, ha-ha. .

Lewat travel @diengtravelpare ini pula saya mendapat rekomendasi penginapan Baren. Harga per malam termasuk mahal, 350ribu rupiah. Tapi… Nyaman, bersih, ber-AC, kamar mandinya di dalam kamar. Kamarnya luas. Dapat sarapan nasi kuning yang endeuss. Bisa booking lewat WhatsApp juga. Alhamdulillah terimakasih rekomendasinya @diengtravelpare .

Ditulis di dalam gerbong eksekutif empat, kereta Malioboro Ekspress tujuan Yogya. Jumat, 26 Juli 2019. Please jangan minta saya mampir sana-sini dulu ya. Karena tujuan saya ke Yogyakarta masih dalam rangka ketemu anak shalihah si sulungku, dan belajar dari seorang kakak kelas alumni 212, dan seorang penyitas kanker komunitas Sahabat Sehat berikutnya… in syaa Allah.

Pempek Nelly 10 Ulu, kemayoran.

Sabtu sore 12/01/19 sepulang terapi MLDV ketiga, pak suami ‘ngajak ngemil pempek Garuda – Kemayoran. Qadarullah sampai di tekape nggak dapet lahan parkir. Akhirnya kami ke warung makan seberangnya. Pempek Nelly 10 Ulu.

 photo IMG_20190114_145317_629_zpskuzdvans.jpg

 photo IMG_20190114_145317_623_zpsee8nmtv8.jpg

Ruangannya bersih, ber-AC. Tidak terlalu ramai karena bukan jam makan utama. Yang menarik, pelayannya berbahasa Palembang, sikok-duo-tigo, saya dipanggilnya “Ayuk”. Aihh berasa muda banget. … Benerin ciput di jidat.

 photo IMG_20190112_171450_zpsmopxngwf.jpg

Saat itu kami merasa jadi Horrang Kaiyya, mampu membeli Kapal Selam, duo. Jenis pempek yang saya paling suka adalah, pempek kriting. Bentuknya seperti mie padat. Cuko (kuah) nya, wangii segar menggugah selera. Tekwannya kenyal, sedap.

 photo IMG_20190114_145317_627_zpsxpth7yr5.jpg

 photo IMG_20190114_145317_626_zpszxzuiole.jpg

Es kacang merahnya empuk dan tidak terlalu manis. Oiy lemak nian galo-galo. Rasa pulang kampung.

Ya, kakek saya Abdul Hamid, Allohuyarham, asli orang Sungai Pinang. Sumatera Selatan.

.

Kalo ada kesempatan lagi pengen cicipin yang di seberangnya, ah. Pempek Garuda. In syaa Allah.

Batagor Burangrang No. 7 Bandung

Jumat, 21 Desember 2018.
Sore-sore mampir jajan Batagor Burangrang yang di seberang sekolahan BPI. Kulineran di Bandung mahh rasanya cuma dua: Enaak, atau Enak bangeet. Namun yang utama bagi kami dalam memilih jajanan adalah, tetteeeup. Kehalalannya.

Beruntung kami bisa bertemu, kenalan, ngobrol asyik dengan ownernya. Bukan diskusi makanan, tapi skincare. Soalnya kita takjub lihat kulit Cik Tuty usia 54 tahun masih fresh glowing tanpa mekap dekoratif. Saya merhatiin sampee kulit leher dan tangannya. Beneran masih cakep.

 photo IMG_20181228_063011_zpszw0qiegd.jpg

Bicara perawatan kulit tentu saja, menyangkut tiga hal; perawatan dari luar (pembersih, serum, tabir surya), perawatan dari dalam (minum air putih yang cukup, suplemen madu kualitas pertamax #ehh premium buat angkot sihh), dan… biaya. Haha… Duit nggak bohong ye, mak! 😁😁😁

Balik lagi ulas batagor yahh…
Porsinya, buat saya, bikin penisirin pengen nambah. Batagor ini enak banget karena ikannya, tenggiri kualitas bagus. Saus kacangnya, nggak dipakein kecap, sambel, juga udah cukup enak. Kombinasi rasa batagor dan saus kacangnya, tidak saling mendominasi. Pas.

 photo IMG_20181222_160209_zpsgl9m7y93.jpg

Tempatnya bersih, nyaman, adem, ruang makannya cukup muat 30 pelanggan makan di tempat. Layanannya gesit, cekatan, ramah. Mereka juga melayani delivery ke Jakarta lewat ekspedisi same day service.

Kalo ada kesempatan dan rezeki main ke Bandung lagi, pinginnya ngajak emak, anak-anak, saudara, teman, duduk-makan syantiik di sini lagi, aahhh.. in syaa Allah…

Lokasi: Batagor Burangrang No 7, seberang sekolahan BPI. Jalan Burangrang no 7 – Bandung.