Tips Nyaman Menjalani Radiasi

Berangkat dari rasa empati pada teman-teman yang mengalami efek samping radiasi yang pastinya sangat tidak nyaman banget, maka ijinkan saya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman beberapa teman yang saya kenal sebelum dan selama menjalani radiasi.

Sebelum radiasi, beberapa dokter menjelaskan secara detil, mekanisme, prosedur, saran, nasehat, sekaligus pantangan-pantangan pasien radiasi, tujuannya untuk mengoptimalkan manfaat radiasi dan kenyamanan pasien.

Tapi apabila ketemu dokter yang tidak banyak bicara kalo tidak kita tanya-tanya, berikut ini hal-hal yang perlu jadi perhatian pasien yang baru mau akan menempuh radiasi.

1️⃣ Selama masa radiasi, pakai baju yang longgar dan bahannya cepat menyerap keringat

2️⃣ Hindari aktivitas yang bikin keringetan.

3️⃣ Jangan masak-masak dulu, jangan dekat kompor yang menyala

4️⃣ Jangan berjemur matahari

5️⃣ Pakai baju dan kerudung berwarna terang, yang mampu menolak cahaya matahari

6️⃣ Ketika mandi, bagian yang diradiasi jangan kena air. – namun pastikan tetap kering dan bersih.

7️⃣ Pergi kemana-mana pastikan selalu bawa handuk/tisu untuk menyerap kelembapan kulit yang diradiasi, karena kadang kita tidak bisa menolak keadaan, berkeringat.

8️⃣ Jaga makanan, karena paparan radiasi mungkin mengenai organ pencernaan, jangan makan pedas, jangan makan yang asam-asam.

9️⃣ Makan yang lembek/lembut dulu karena paparan radiasi mungkin mengenai tenggorokan / kerongkongan sehingga beresiko mengurangi kenyamanan aktivitas menelan.

1️⃣0️⃣ Banyak minum, 8-12 gelas sehari / 2-3 liter.

1️⃣1️⃣ Banyak makan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon.

1️⃣2️⃣ Banyak makan sayuran (dikukus atau direbus atau dibening)

1️⃣3️⃣ Makan daging putih dan merah, yang matang, dan tidak gosong.

1️⃣4️⃣ Makan putih telur 6 butir sehari. Putihnya saja. Untuk mempercepat regenerasi sel-sel baru.

1️⃣5️⃣ Cukup istirahat. Tidur 8-10 jam sehari untuk regenerasi sel baru. Lakukan apapun untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

1️⃣6️⃣ Perbanyak berdoa, memohon kesembuhan dan perlindungan dari efek samping.

1️⃣7️⃣ Jika mengalami peradangan kulit, segera hubungi dokter, atau oleskan salep Gentamycin / Zalf / Sagestam, sebagai pertolongan pertama. Jangan dikasih minyak apapun. Jangan ditiup-tiup karena itu kulit bukan lilin. 😊

Pengalaman saya, di hari terakhir radiasi, ada beberapa pasien yang melakukan selebrasi dengan membawa makanan bubur manado komplit. Saya makan juga pake sambelnya dan jeniper. Jeruk nipis peras. Malam harinya auto demam tinggi, muntah-muntah, 5L, hingga masuk IGD. – lambungnya luka. Dampaknya beberapa hari berikutnya, bagian kulit yang diradiasi mulai mengalami iritasi, efek demam tinggi. Di ruang rawat inap saya milih tempat tidur yang lebih dekat pendingin ruangan. Belum sampai lecet banget sih, tapi penampakannya ke arah sana. Dokter ngasih racikan bedak talek tanpa wewangian. Kulit mengelupas sendiri. Ngeri. Tapi ngga pake sakit. Alhamdulillah. – but don’t try this at home. Jangan ditiru. 🙏😊

Semoga sharing pengetahuan dan pengalaman ini berguna, jangan melakukan kesalahan yang sama, dan semoga Allah melimpahkan karunia kesehatan dan kekuatan untuk menyempurnakan ibadah di sisa usia. Aamiin.🤲

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s