Inspirasi Mengelola Ketakutan

Inspirasi Mengelola Ketakutan.

By: ‘Afiyah Salma Lathifa.

Manusia, sedikit atau banyak, sering atau jarang, pasti memiliki ketakutan. Takut miskin, takut ditinggal orang yang disayang, takut penyakit, takut gagal, takut ditolak, takut dimarahin, dan sebagainya.

Menjadi stay-at-home-mom adalah impian saya. Jadi princess, di rumah aja, menikmati peran dan kodrat alamiah sebagai muslimah. Kecukupan itu relatif. Kadang, iya ada lintasan pikiran, ketakutan, ketika orang lain cerita, “Temen gue ada tuh, ga kerja, ngurus rumahtangga doang, eh suaminya meninggal, dahh keteteran dia pontang panting cari duit.”

Na’udzubillahi min dzalik. Kita berlindung kepada Allah dari kefakiran dan kekufuran.

Berusahalah menghindari pikiran, angan-angan, sesuatu yang buruk yang belum tentu terjadi. Bukankah lebih baik hidup dengan optimis, positive thinking. Yakin, selama nafas masih berhembus, rezeki masih ada. Yakin, setiap ujian sesuai kapasitas diri kita masing-masing.

Yakin saja tidak cukup. Perlu ilmu, perlu amalan. Tetap belajar yaa, caritahu, pintu-pintu rezeki, jalan-jalannya, wasilah, pengundang rezeki. Bertebaran kajiannya di youtube.

Setelah bolak-balik nyimak, amalkan. Jalin silaturahim, hubungan baik dengan sesama, sedekah, interaksi dengan Al Quran, perbaiki kualitas sholat wajib, tambah rakaat sholat dhuha dan qiyamul lail, bakti pada orangtua, belajar ketrampilan-ketrampilan baru, ngajarin orang lain ketrampilan baru, dan sebagainya.

Intinya, manfaatkan waktu luang sebaik-baiknya untuk ilmu dan amal.

Jangan juga terlalu kepo. Semuaaa dibaca, semuaaa didengar, semuaaa dipikirin, termasuk informasi yang buruk-buruk. Baca koran lampu merah yang isinya kriminal, baca isu politik yang belum jelas kebenarannya, baca berita korban kopit. Bukan nggak boleh. Tapi secukupnya, aja. Sambil lalu. Dan kurangi porsinya.

Banyakin waktu baca Quran, bergaulnya sama orang-orang yang positif, orang-orang shalih, ngobrolnya juga tema yang bawa energi positif, baca buku kisah-kisah keteladanan, biografi orang shalih, biografi orang sukses, nyimak kajian islami, nyimak seminar parenting, seminar kesehatan, seminar bisnis, itu jauh lebih bermanfaat, mencerahkan, dan meng-adem-kan.

Nemu doanya juga, nih… yang dicontohin oleh RasuluLLaah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

doa berlindung dari bencana

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s