BREASTALK (3/3) IHK.

Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati.

Kekmana gaya hidup sehat blablabla, klean lebih paham lahyaa. Yang mau saya bahas, pokok-pokok yang berpeluang menjadi resiko terjadinya kanker, dan IHK.

Kalo di keluarga ada yang pernah sakit kanker, misalnya bude, tante, nenek, saudara kandung nenek.

Atau, pola makan kita doyan makan makanan berlemak dan gula-gula. Kurang serat, sayuran, buahan.

Atau, mengalami obesitas / kegemukan.

Atau, jarang olahraga.

Atau, keteteran mengelola stress.

Atau kombinasi 2-3 dari hal-hal di atas, berarti kita punya resiko tinggi dan wajib memeriksakan diri ke dokter, tiap 12 bulan.

Untuk pemeriksaan payudara, biasanya dokter meminta kita untuk USG, mamografi, dan atau MRI.

Tapi kita sendiri juga bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri di rumah setiap mandi, istilahnya SADARI, caranya bisa dicari di youtube, yaa.

###

Kalau qodarullah “kena” juga, ada satu hal penting yang harus harus haruusss banget 😊dipahami oleh pasien dan keluarganya / caretaker.

IHK, imunohistokimia.

Lembaran ini menunjukkan kabar si caca, bagaimana karakternya, dan media tumbuh kembangnya. Berdasarkan lembaran inilah dokter onkologi menentukan treatment yang aman.

Saya mau kasihtau, bedanya Grade, dan Stadium.

Grade artinya, kecepatan pembelahannya.
Grade I = lambat.
Grade II = cepat.
Grade III = gesit banget dah, ini bocah. 1 jadi 2. 2 jadi 4. 4 jadi 16. 16 jadi 256.

Sedangkan “stadium” adalah indikator, bendera🚩, si caca mainnya sudah sampai mana.

Stadium 0-2 lokal. Masih petakilan di jaringan payudara.

Stadium 3 sudah ada yang pernah mangkal di kelenjar getah bening. Entah dia baru nyampeek, atau sedang ancang-ancang nyebar ke organ lain. Perlu diketahui, kelenjar getah bening di ketiak, adalah pintu pertama, gerbang, jalanannya, jembatan mereka untuk nyebar ke organ lain.

Stadium 4, mainnya udah jauh banget diana, ada yang ke paru-paru, tulang, hati, otak, dan lain-lain. Biasanya si caca Grade III yang mainnya jauh-jauh gini.

Kalo baru stadium awal, jangan lelet, dan Jangan kabur! 😊
Jangan soksokan jadi dokter, minum jamu herbal racikan sendiri, atau berobat ke dukun, atau beli jaket apalah-apalah.

Udah banyak bangeet kejadian, ketauan di stadium awal, eh kabur, nolak berobat medis, nekad bertualang ke alternatip, sembuh kagak malah kankernya nyebar kemana-mana. Giliran udah mentok, termehek-mehek balik lagi ke dokter.

Dampingi pasien, pelajari dan pahami IHK-nya. Segera lakukan pengobatan terbaik yang mampu diusahakan. Komitmen. Tuntasin. Tawakkal.

Semoga Allah selalu melimpahkan ni’mat iman Islam sehat sejahtera kaya-manfaat di sisa usia, untuk kita semua. Aamiin Ya Rabb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s