Menopause?

Sejak kemoterapi ketiga, akhir Juni 2018, sampai tulisan ini dibuat, saya belum lagi datang bulan. Ketika saya tanyakan ke Dokter Findy KHOM, jawabnya, “Ya diharapkan berhenti mens, bu.  Karena ketika pre-menstruasi, hormon jadi aktif, dan akan berpengaruh pada keadaan jaringan payudara.”

Saya diresepkan tablet tamoxifen 20 mg, untuk menekan aktivasi hormon estrogen progesteron saya,  diminum setiap hari pada jam yang sama.  Kayak pil KB ya. Tantangannya, sudah pasang alarm di henpon agar disipilin, qadarullah tetap saja dalam dua bulan sekali ada saja kejadian yang bikin meleset jam minum.  Hasbunallah wani’mal wakil. La haula wala quwata illa biLLah.

Akhir Desember 2019 saya kontrol ke Dokter Maria spesialis obstetri ginekologi, tujuannya mau copot IUD karena saya pikir udah nggak haid-haid lagi inih.  Ehh dokter menyarankan menunda, sampai usia 50.  Beliau bilang, “Sabar ya bu, bentar lagi kok,  tadi saya lihat folikelnya sudah mengecil.”

Youwis, nurut lah.  Dokter Mar cuma ngecek  folikel saya, lokasi dan keamanan IUD, sekalian papsmear.  Alhamdulillah hasil papsmearnya bersih, dan saya disarankan rutin papsmear setahun sekali.  Baiiqlah,  in syaa Allah.

Efek samping Tamoxifen yang kadang mengurangi kenyamanan adalah, hot flush. Sepoi-sepoi aliran hawa panas di badan. Tapi jarang banget sih. Alhamdulillah.  Efsam lainnya standar,  kulit lebih kering,  uban makin banyak,  pegel-pegel mudah capek.  Sadar diri aja sih kalo “alarm tubuh”  udah nyala,  stop ngapa-ngapain.  Bobo syantiik.

Hal yang paling saya syukuri dengan belum datang bulan lagi adalah, ibadah haji 2018,  sholat, dan baca Al Quran nggak ada cerita sedang libur lampu merah.  Alhamdulillah.  Inilah mengapa saya sering bilang pada diri sendiri, teruslah bersangka baik, ridha, belajar berdamai dengan qadha, karena apapun yang Allah kasih, semuanya, terbaik.

2 respons untuk ‘Menopause?

  1. Assalammu’alaikum…fi…kumaha kabar na?InsyaAllaj sehat selalu…aku gi gundah gulana neeh…sejak Ramadhan kmrn sampai menjelang pertengahan bulan Syawal ini…aku tidak mendapatkan siklus menstruasi….artinya sdh hampir 2 bulan…aku seeh berfikir positif ajah…mungkin ini masuk siklus menopouse….Alhamdulillah…mencoba berfikir positif…InsyaAllah banyak lagi waktu yg tersedia untuk fokus beribadah…hanya kalau positif tanda hamil…refot neeh…umur sdh uzur…badan udah reot…catatan : aku blm test pake test pack kehamilan krn emang tanda2 kehamilan rasanya seeh nggak ada…hehe…mencoba pedee…dan aku sdh jalanin steril sejak kelahiran Rakha….tahun 2013….baiknya pegimane neeh…hehe…luv u…muachhh

    • Waalaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh.

      Haiii ikooo 💖 Alhamdulillah aku sehat, makasih…. Baiknya ketemu OB/GYN untuk mastiin keadaan reproduksi kita. Jadi nggak maen tebak-tebakan, haha. Sehat selalu yaaa iKo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s