Tuhan, jangan ambil imanku.

Bismillah.

Mohon ijin berbagi lagi, ya.
Bulan Juni 2019 hasil PetCT saya kurang menggembirakan. Tak perlu saya ceritakan detil, ya.

Awalnya reaksi saya, menangis satu jam di parkiran RS.

Pulang, nyetir sendirian, dalam keadaan… Marah, sedih kacau.

Sampai di rumah, nangis lagi. Sampai capek, ketiduran. Suami pulang, nangis lagi. Nggak bisa ngomong apa-apa.

Suamiku bilang, “Kita lanjutkan perjuangan. Aku temenin kamu.”

Setelah saya sudah lebih tenang, suami ngomongin persiapan-persiapan menghadapi kemungkinan-kemungkinan ikhtiar yang akan kami tempuh.

Kami sholat di tengah malam, di ruang berbeda, karena rumah kami belum ada mushollanya, kamar pun kurang luas untuk dipakai sholat bareng.

Baru takbiratul ihram ajaa, saya udah nangis lagi. Dalam sujud saya bertanya, “Ya Allah, saya sudah berobat selama setahun, saya sudah berdoa, ibu saya pun sudah berdoa kepada-Mu, sahabat-sahabat sholeh sholehah saya mendoakan saya juga. Tapi hasil PetCt koq kayak gini?”

Sepekan itu saya sempat merasa gagal paham, kecewa, marah, sedih. Saya keluar dari beberapa WA-group. Uninstall medsos. Untuk menenangkan diri.

Saya bertemu Dr Findy, konsultasi, dan beliau kelihatan tidak sependapat dengan simpulan hasil pembacaan Dr Aulia, dengan beberapa alasan. Hasil PETct saya dibawa ke RSCM untuk second opinion.

Tiap sholat saya berdoa, kembali memohon kekuatan, menerima pendapat dokter-dokter RSCM nanti. Saya mohon diberikan hati yang ridha menerima ketentuan Allah.

Pasrah… kalo emang masih harus melanjutkan terapi, semoga tubuh dan jiwa ini, kuat, sabar, ridha.

Alhamdulillah dipertemukan dengan Ummu Aufa di Sahabat Sehat, yang pernah berjuang bertahun-tahun dengan kasus yang jauh *tidak* lebih baik dari saya, tidak bisa jalan, mengalami berkali-kali anfal, divonis tidak bisa punya keturunan, berobat sampai berhutang ke (maaf) rentenir, dikejar-kejar debt collector….. Siapa yang menyangka, sekarang beliau sangat aktif nggak ada capeknya, punya sekolah tahfidz, setahun lalu melahirkan anak keenamnya. 😍

Ma Syaa Allah 💖

Saya jadi ngerasa, ihh cemen banget gue. 🤭 baru dikasih segitu aja udah nangis berjam-jam. Malu sama Allah.. ☺

===

September 2019 harusnya jadwal CT-scan (ulang) tapi Dr Findy bilang, nggak usah. Hasil darahnya bagus semua. Hasil pemeriksaan fisik juga tidak ditemukan benjolan. Pesan beliau hanya, usahakan kontrol per 3 bulan tepat waktu ya.

Bersyukur dan mengambil pelajaran:

1⃣ terdapat perbedaan manhaj/madzhab di kalangan dokter

2⃣ hasil pemeriksaan di atas kertas, bisa benar, bisa juga salah. Tergantung siapa yang baca.

3⃣ Manusiawi, kalo kita merasa sedih, kecewa, marah. Tapi jangan kelamaan ya. Jangan biarkan hasil pemeriksaan, vonis dokter, merusak keyakinan kita kepada Allah. Tetap lanjutkan ikhtiar, all-out. Totalitas.

4⃣ Kembalikan semuanya kepada Yang Memberi Ujian, dan terus bangun Sangka Baik kepada Yang Memberi. …. Bagaimana besok, adalah hasil ikhtiar dan keyakinan kita hari ini. 😊🙏

5⃣ ikhtiar sungguh-sungguh, all-out, totalitas, disiplin.

Dan jangan kepedean dengan mengatakan “saya pasti sembuh karena dokternya terbaik , RS terbaik , obatnya paten, saya sudah disiplin, jaga makan, dsb.” …. Jangan sampai jatuh menuhankan ikhtiar.

Walaupun jalur medis masih jadi yang terbaik mengatasi kanker.. Pengobatan medis, selamanya, tidak akan pernah mempercepat atau pun menunda kematian. Kesembuhan itu mutlak hak prerogatip Allah.

Ada yang Allah beri sembuh dengan cepat, mungkin dengan kesembuhannya itu dia lebih produktif dan lebih bermanfaat bagi umat manusia. Ada juga yang Allah tunda, karena Allah masih rindu doa-doa mesranya, ketawadhu’annya, sedekahnya yang jor-joran, Allah jaga, Allah lindungi dari berbuat kurang baik, atau Allah lebih ridha menyaksikan keindahan akhlak pasien pada pasangannya, keluarganya, sahabatnya. Wallahu’alam bish showab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s