Kanker? Jangan bertualang.

Dua pekan lalu bezoek teman, kenalan sama pasien sebelahnya. Masih muda, cantik. Enam bulan lalu tumornya masih kecil banget. Dokter sudah menyarankan segera operasi, radiasi, dan kemoterapi. Tapi pasien nekad bertualang minum herbal dan pakai jaket warsito. Qadarullah beberapa bulan kemudian benjolannya membesar, keadaan pasien memburuk, sampai nggak bisa jalan. Tapi tabib-tabib yang mengobatinya, meng-claim bahwa itu proses penyembuhan.

Akhirnya dibawalah kembali ke RS. Observasi, CT-scan, MRI, ronsen, USG, dan sebagainya. Kankernya sudah menyebar ke tulang dan hati, innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

===

Tadi pagi mengunjungi seorang guru ngaji, suaminya yang kanker. Bulan lalu dokter sudah menyarankan kemoterapi dan operasi. Stadium 2. Tapi pasiennya keukeuh bertualang herbal dulu. Sepekan pertama terlihat segar bugar, keluhan-keluhan seakan hilang. Masuk pekan ketiga, nggak bisa BAK/BAB berhari-hari, kesakitan, akhirnya masuk IGD, dirujuk ke bagian Onkologi RSPAD, stadium 4. 😭

===

Saya juga tahun lalu takuuutt banget dikemoterapi. Takut mati. Takut jelek. Takut ini itu anu. Bayangannya mengerikan aja deh. Tapi dijelaskan ulang-ulang oleh dokter. Kanker itu ada tiga macam kecepatan pembelahannya. Grade 1,2,3. Hasil patologi tumor saya grade 3, which is, tipe yang cepat sekali perjalanannya. Kalo istilah dokter saya, “ibuk dapet yang galak nih.. Nggak ke-uber kalo hanya pengobatan herbal dan pola makan ketofastosis. Apalagi status HER2+++ ER/PR + mumpung masih stadium 2B, dengan kemoterapi dan herceptin, angka harapan hidup bisa sampai 15 tahun dengan izin Allah.”

Saya sholat istikharah, minta petunjuk Allah, dan mungkin banyak doa dari keluarga, sahabat, guru-guru ngaji saya, keyakinan hati berubah. Malah pengen kemoterapi secepatnya.

===

Alhamdulillah, banyak hikmahnya. Banyak pertolongan Allah, haji, umroh, jalan-jalan ke Bangkok, bolak balik Bandung, Cirebon, Yogya, Padang.

Ma Syaa Allah tabarakallah.

Saya jadi pengen kampanye terus nih. Kalo ada keluarga atau teman atau kenalan, yang punya keluhan benjolan. Atau sudah didiagnosa positif kanker, apalagi grade 2,3, meskipun tumornya masih keciiiilll banget, jangan pernah nekad bertualang herbal. Langsung tindakan medis, secepatnya.

Semakin awal terdeteksi, semakin dini ditindak medis, harapan sembuhnya bisa 100%. Kalo sudah stadium lanjut, semakin kecil persentasenya. Memang ini angka hitung-hitungan manusia. Umur di tangan Allah, dan peran kita melakukan ikhtiar terbaik. Pergi ketemu dokter ahli kanker, nurutin saran beliau, perbanyak rakaat sholat, perbanyak membaca Al Quran, mohon petunjuk jalan kesembuhannya lewat mana, jangan pernah nekad sok menjadi dokter sendiri. Medis, segera, yaa. 😊

Semoga Allah melimpahkan kesehatan bagi kita semua, di sisa usia, untuk menyempurnakan ibadah. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s