Mindset Saiyah

Kemarin saya nyimak nasehat Dr Mirna (spesialis ongkologi radiotheraphy) mengenai diet / pola makan. Beliau bilang, selama masa terapi, baik itu kemoterapi, pun radiotheraphy, makan apa saja, bebas. Merdeka.

Setelah selesai masa terapi, kembali ke pola makan gizi seimbang. Banyak sayuran, buahn-buahan, air, karbohidratnya maksimal 50% tergantung berat badan juga. Olahraga juga menjadi Menu WAJIB 2-3 kali seminggu. Olahraga yang ringan seperti berenang, yoga, senam pernafasan, sepeda santai, jalan kaki.

.

Kelola stress.
Selama masih hidup kita tidak mungkin menghindar dari stress / masalah. Meditasi, sembahyang, akan membuat pikiran lebih rileks.

Saya memahaminya sebagai terjemahan surat Al Baqarah ayat 45, perbanyak sabar dan sholat, dan surat Ar Ra’d ayat 28 perbanyak mengingat Allah, dzikir, membaca Al Quran, yang membuat hati menjadi lebih tentram.. Pasrah. Berserah, dan tetap semangat ikhtiar sehat.

……….

Saya sering mengingatkan diri sendiri. Hidup ini cuma numpang lewat. Sakit atau sehat, tetap saja kita pasti mati. Sekarang yang penting kita bersangka baik kepada Allah, yang ngasih ujian ini, pasti baik, pasti baik, baik buat kita, baik buat keluarga, baik buat teman-teman.

Kalo lagi “lempeng bener” saya bisa merasa bersyukur banget dikasih ujian kayak gini, berharap dosa-dosa diampuni, dibersihkan, sebersih-bersihnya. Bersyukur dikasih peluang dikabulkannya doa-doa. Aji mumpung. Jadi berdoalah sebanyak-banyaknya, minta apapun hajat, seremeh temeh apapun, minta sama Allah.

Bersangka baik, Allah mau kasih hadiah, lewat ujian ini. Dan hadiahnya nggak mungkin cuma kipas angin. …. Karena pahala orang-orang yang Ridha atas ketentuan-Nya, hanyalah Surga. …. Banyak sujud syukur atas sekecil apapun kebahagiaan yang diterima. Walaupun sekedar denger omongan dokter: Sudah boleh mandi ya bu, guyur-guyur dulu tapinya…. (rasanya pengen langsung mincrak meluk Dr Mirna, loncat2 nari2)

😁🤭 Biarin, dianggap, lebay….

Yang saya pahami….. Sembuh itu Bonus dari Allah…… yang lebih penting sekarang menjalani sisa usia dengan menebar manfaat sebanyak-banyaknya, semampu kita. Mohon ampunan Allah lebih sungguh2…. Karena ketika…

Ketika Allah telah mengampuni dosa, maka semua masalah kita di dunia dan akherat.. Selesai. Happy ending.

Bismillah Ar Rahman Ar Rahim. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang.

Sudahkah kita bersyukur hari ini?

Lokasi: RS Mitra Keluarga Kemayoran.
Jumat, 8 Maret 2019.
Antri terapi MLDV.
Ketemu Zr ipunk yang baik hati, disiapkan kamar buat besok pagi, Sabtu 9 Maret 2019.
Jelang terapi target Herceptin ke-15. Mohon maaf lahir dan bathin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s