Kasih Kailnya

Saya bukan tipe orangtua dan teman yang sabar “ngasih ikan” dalam berbagi ilmu. Karena cara itu nggak bikin anak/teman kita cerdas mandiri, nggak menstimulus pola pikir inisiatip kreatip.

Tapi kalo ada yang tanya, “Gimana sih caranya?” Nahh dengan senang hati saya ajarin step by step, sampeee bisa. Tapi…

Tapi kalo sudah pernah bisa, terus karena tidak pernah lagi dipraktekkan jadi gagap, atau setiap diajarin kurang fokus, meleng-meleng, atau memang keliatan benar-benar kurang kemauan, maka biasanya sih pasti saya cuekin.

Pernah jualan kurma, laris manis. Beberapa teman tergoda jadi reseller. Yang sudah biasa jualan, mereka tinggal nyontek pola saya. Yang belum biasa jualan, saya ajarin caranya. Lead by example. Saya contohin caranya. Tiap hari. Banyak yang repeat order. Ada satu yang, surprised, minta gue bantu jualin?!? šŸ¤£

Saya bilang, coba gue pengen liat cara loe jualan. Saya intip TL-nya, akun-akun medsosnya. Sepi. Nggak ada foto dagangannya. Ternyata dia jualan personal, one by one, dan milih-milih. Kedua, cara dia menjawab pertanyaan juga, pilihan kata-katanya, kaku, dingin, tidak ada kesan hangat merangkul calon pembeli.

Saya koreksi doong, caranya. Ehh dia tetep keukeuh minta saya bantu jual itu kurma sekian karton. Sorry Bray, itu masalah loe. Orang dagang tidak cukup modal duit doang. Beberapa orang dagang modal tawakkal, kepercayaan, dan kerendahan hati.

Seringnya berinteraksi dengan banyak karakter manusia, kita dapat ilmu, kita bisa lihat, siapa yang benar-benar mau belajar, mau berubah, dan siapa yang bossy. Kita juga bisa belajar bagaimana memilih sikap. Kapan kesabaran itu dianggap masih penting, kapan waktunya harus move on.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s