MLDV ke-12

Awal Januari 2019. Sebelum mulai rangkaian radiotherapy, saya dirujuk terapi MLDV (mencegah pembengkakan wilayah tangan emas).

Apakah MLDV itu? Silakan baca di sini.
https://mbafi.wordpress.com/2019/01/12/perawatan-pasca-operasi/

Sabtu, 2 Februari 2019 adalah MLDV ke-12. Setelah latihan saya konsultasi sekalian ke Dr Satrio Tjondro Sp. KFR (Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi).

 photo IMG_20190203_055737_105_zpslh1wm1yj.jpg

Alhamdulillah suami ada waktu mendampingi saya. Lingkaran tangan saya sekitar siku, kiri dan kanan diukur pakai meteran. Selisihnya 0,5 cm. Alhamdulillah, masih dalam batas normal.

Kalimat-kalimat pembuka yang saya seneeng banget dengernya, Dr Satrio bilang, “Saya memahami perasaan ibuk.. orang lain pasti banyak ngasitau makan ini minum itu nasehatin sabar ya ikhlas ya, orang lain gampang ngomong, tapi kan yang ngerasain betapa ngga enaknya tiap hari kan ibu sendiri, ibu yang jalani kemoterapi 18x, radiotherapy 30x. Saya sangat memahami karena adik saya leukimia sejak 2011 tapi sampai sekarang hidupnya normal sehat bahagia. Hiburannya, olahraga dan menyanyi. Jadi, maksud saya bu.. Jangan dilawan. Hiduplah berdampingan damai dengannya (kanker). Ada saatnya dengar omongan manusia, ada saatnya ibu pakai kacamata kuda, berbahagialah dengan pilihan jalan yang ibu yakini. Jaga semangat terapi sampai tuntas ya bu. Kanker bisa sembuh atas ijin-Nya. Jaga semangat dengan melakukan hal-hal yang bikin hati senang. “

Beliau melanjutkan, “Pasca operasi, ibu harus hidup tanpa beberapa limpfe notes, yang berfungsi sebagai pompa balik cairan tubuh.” Beliau menunjuk sepanjang tangan kanan saya dari ujung jari sampai bahu.

Larangan:
1. Tangan posisi menggantung, lama. Statis.
2. Mengangkat beban yang berat, hingga terasa nyeri. Rasa nyeri adalah alarm tubuh.
3. Beraktivitas berlebihan hingga terasa nyeri.
4. Kekurangan elektrolit.

Tangan ini harus dilatih setiap hari, sekurangnya tiap dua jam, dengan cara, mengepalkan tangan, mengayun dengan lembut, berlawanan gravitasi bumi. Manfaatnya, untuk membantu memperlancar perjalanan cairan tubuh di tangan kanan.

Olahraga yang beliau sarankan adalah berenang. Tentu saja harus seijin dokter bedah, dokter onkologi, dokter radiotherapy,, ketika bekas luka operasinya dinyatakan bagus dan sudah selesai masa radiasi, silakan berenang.

Makanan yang diutamakan adalah buah-buahan, sayuran hijau, dan protein. Manfaatnya sebagai antioksidan, detoksifikasi, dan untuk regenerasi sel-sel mati/rusak efek kemoterapi radiotherapy. Beliau menyebut contoh buah pisang, bagus, salah satu sumber mineral, kalium. Sedangkan sayuran yang dimasak juga bagus, sebagai penyumbang elektrolit. Asal garamnya jangan kebanyakan.

Satu lagi yang penting, pemijatan tangan emas, hanya boleh dilakukan dengan cara mengusap lembut, perlahan, dari jari ke arah bahu, satu arah. DILARANG memijat dengan arah sebaliknya!

Saya kembali dijadwalkan MLDV tapi dua kali saja dalam sepekan. Selama satu bulan.

.

Pulang dari RS Mitra Kemayoran, kami berempat (suami, anak-anak dan saya) mampir ke warung Pempek Garuda Kemayoran.

Tetteeeup. Makan…

 photo IMG_20190203_055737_109_zpsxzgdyjjl.jpg

 photo IMG_20190203_055737_108_zpskwjpbp5x.jpg

 photo IMG_20190203_055737_114_zpsseceljur.jpg

 photo IMG_20190202_162752_zpsqp2go6vj.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s