Wudhu di Haramain

“Hai Fii … tanya doung… di Masjidil Harom kan kalo kita batal wudhu agak repot ya, karena tempat wudhunya jauuuhh, haha. Bagaimana solusinya menurut kamu Fii?”

Pertama, saya berusaha pilah pilih jenis makanan dan waktu makan. Setelah shalat Subuh dan isyaa baru beranii banyak minum dan makan makanan berserat seperti buah-buahan. Karena serat plus air, bikin lancar BAB dan buang angin, hahaha.

Kedua, setelah wudhu, jika sempat shalat sunnah wudhu, berdoa mohon kpd Allah menjaga wudhu. Jika tidak sempat, atau lupa, perbanyak istighfar dan doa mohon pertolongan Allah.

Ketiga. Pilih tempat shalat di atas karpet, atau bawa sajadah. Duduk di ubin Harom yang dingin juga bisa bikin wudhu lebih mudah batal.

Keempat. Atur pola ke toilet.
Misalnya :
1. Sebelum memulai aktifitas Thawaf.
2. Satu jam sebelum shalat fardhu.
3. Setiap selesai shalat fardhu. Saya minum zamzam agak banyak sekitar 30 menit sebelum adzan.
4. Jika kita lebih suka shalat sambil memandang Ka’bah, maka kita perlu Hafalkan blok saf wanita dan jalur-jalan pintas menuju toilet terdekat.
5. Pelajari cara berwudhu dengan segelas air. Jamaah wanita sebaiknya selalu pakai mukena jumbo, agar lebih leluasa berwudhu dalam keadaan mendesak. Kepepet.
6. Hafalkan sudut sudut “aman” bagi perempuan berwudhu di Harom.
7. ….
8. …
9. …

Silakan ditambahkan oleh sahabat yg lain, tips & trik berwudhu di Haramain.

Saya lampirkan link video tutorial cara berwudhu dengan segelas air.
Semoga bermanfaat.

https://youtu.be/lGs5C3Dgb60

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s