Pasca Armuna

Alhamdulillah 48 jam pertama dikasih ni’mat tidur oleh Allah. Bangun hanya di waktu sholat, makan, mandi. Kata anekdot :
Haji TAMATU, Tangi Mangan Turu? 😁😁😁

Kembali ke hotel pe-er-nya adalah… Cucian 5 hari. Haha… Alhamdulillah ada fasilitas mesin cuci, dan bapake ridha bantu cuci jemur baju.

 photo IMG_20180829_141001_zpsqz65mdlx.jpg

 photo IMG-20180826-WA0000_zpsn9hib8h8.jpg

Di sini jemur baju bisa sejam doang, kering.

Kalo saya nyuci dan jemur baju setelah dzuhur, udah gak ngantri.

Sebelum ngjemur, pake duluu… Masker, kacamata gelap, dan topi / handuk nutupin kepala….. Melindungi dari sengatan panas…. Serasa mau ke pantai… Padahal ngambil jemuran doang. 😀 😀 😀

.

Kajian Dhuha.

Sekilas tafsir doa sapu jagad.

7 hasanah di dunia
1. Al Mar’atush sholihah / arrojulush sholih
2. Kenikmatan ibadah
3. Ilmu & ibadah
4. Harta
5. Al ‘afiyah / kesehatan.
6. Rezeki yg luas
7. Ni’mah (ni’mat yg banyak)

3 hasanah akhirah:
1. Bidadari / bidadara
2. Semua yang diinginkan, tersedia.
3. Ampunan dan Rahmat Allah

Doa waktu thawaf, mustajab.
Berdoa di bawah pancuran emas Ka’bah, mustajab.
Berdoa di Hijr ismail, mustajab.
Shafa & Marwa, mustajab.
Antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad
Maqom ibrahim
Ketika minum zamzam.

 photo IMG_20180829_091631_zpsl9lrl5ng.jpg

.

Jalan Jalan Pagi.

Berjemur matahari sebelum jam 8 pagi dan jalan kaki 30 menit setiap hari, sangat penting bagi pasien kemoterapi.

Berhubung katering hanya datang dua kali, makan siang dan makan malam saja, maka Sarapan, SDM (selamatkan diri masing-masing). He he he.

Maksudnya, cari sarapan masing-masing. Di daerah Syisya 2 ini Jamaah dimanjakan oleh makanan Indonesia. Banyak penjaja nasi uduk, nasi kuning, nasi pecel, enak-enak rasanya bumbu original, hanya dengan 4-5 riyal per porsi.

 photo IMG_20180829_063905_zpsmjd5lnin.jpg

 photo IMG_20180829_063918_zpsbgpeiacb.jpg

.

Di daerah Syisya 2 ini ada juga “sogo-jongkok” nya. Pasar tumpah ini ada tiap pagi ba’da Subuh sampai jam 8 atau kurang.
.

 photo IMG_20180829_063948_zpsmisttpam.jpg

 photo IMG_20180829_064726_zpsngpscuqo.jpg

 photo IMG_20180829_064232_1_zpsodbkpois.jpg

 photo IMG_20180829_064855_zpsd1dyfsgy.jpg

 photo IMG_20180829_071216_zpsiqsfeqba.jpg

 photo IMG_20180829_071228_zpspjf2o4py.jpg

.

Kemoterapi di kamar hotel.

Sempat agak mau pilek batuk, saya minum zamzam terus, plus ester C, ekstra supplement multivitamin.

Terapi Herceptin / Trastuzumab sempat tertunda dua hari tapi nggak masalah. Dokter Riny visit saya, cek fisik, tensi normal, kemudian menyuntikkan Herceptin di perut saya.

Thawaf.

Saran dokter pastinya harus banyak istirahat setiap habis kemo. Tapinya….

Kelamaan di dalam kamar juga bosan. Mau masak, ada larangan tertulis dari KBIH dan pihak penginapan. Mau keluar hotel jalanan panas banged. Lagian pemandangannya cuma hotel, toko, warung makan, ama parkiran. Sekalian aja lahh naik bus ke Harom. Saya pilih waktu ba’da ‘Ashar jelang Maghrib.

Kalo sudah sampek Harom, kagak Thawaf, kagak afdhol, menurut saya. Bismillah Allohu Akbar. Hamba berharap dengan thawaf inii Engkau limpahkan ni’mat sehat Ya Rabb.. Karena, bukan hanya manusia saja yang Thawaf… Jutaan malaikat pun.

.

Hal yang paling saya harapkan selama di Makkah, adalah kombinasi langka antara beberapa waktu mustajab dan tempat mustajab: Jumat, antara ‘Ashar ke Maghrib, Masjidil Harom, Thawaf, dan…. hujan.

.

THOIF.

MADINAH.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s