Ubepe Aqsha #part3

Makkah, 31 Jan 2017.

Saya inget banget nasehat seorang sahabat di awal tahun 2015. Yokka Rismadaura, “Fi ntar kalo elo udah sampe Makkah banyak-banyakin Thawaf ya, karena hanya Thawaf ibadah yang bisa di Makkah. Kalau shalat, baca Quran, bisa dimana, aja.”

Saat manasik di Jakarta juga diinfokan, di sekeliling Ka’bah itu ada jutaan malaikat. Orang yang rajin Thawaf insyaaAllah badannya lebih sehat. Jangan heran, banyak ibu sepuh yang berangkat Haji Umroh duduk di kursi roda, pulangnya bisa gagah berdiri berjalan naik turun pesawat, Alhamdulillah Allahu Akbar. ….

Thawaf itu kita 7x mengelilingi Ka’bah, start dari rukun hajar aswad, Ka’bah di sebelah kiri, lampu hijau di sebelah kanan. Berakhir di hajar aswad juga. Banyak buku manasik yang membantu jamaah dengan doa-doa khusus yang berbeda-beda, di setiap putaran.

 photo thawaf_zpsdvz8ytt7.jpg

Pada saat Thawaf selain dzikir SubhanaLLah walhamdulillah wa la ilaha illaLLah waLLahu Akbar wa La haula wa la quwata illa biLLah… kita juga boleh memperbanyak istighfar, membaca Al Quran, dan berdoa apa saja sesuai hajat kita.

Saya memilih pendapat terakhir, dan saya punya buanyaak banget hajat, termasuk kemenangan cagub muslim di pilgub DKI, beneran bo’ umroh kali ini berasa beda banget, pilu, menyayat hati… Jiah, jadi curcol. 😀 😀 😀

Lanjutkan thawaf, bermunajat sambil puas-puasin memandang Ka’bah… Copas kata-katanya jeng Rasta Rahma, “ada rizki mata yang tidak bisa dibagi dengan sempurna oleh kamera.. maka biarlah tetap menjadi rizki bagi mata yang memandangnya langsung kemudian rindu terobati oleh butiran air mata..” #kangen_thawaf_lagi

Dan untuk mengingatkan setiap putarannya saya pegang tasbih khusus thawaf, hanya berisi 7 butir. Seperti ini penampakannya.

 photo IMG_20170209_093600_HDR_zpsq4wcof8o.jpg

Beli dimana? Saya beli di Madinah, di toko souvenir samping hotel 5pcs harganya 10 riyal.
Kalo dari Jakarta mungkin di toko-toko perlengkapan Haji Umroh atau di Pasar Tanah Abang ada yang jual. Mungkin, ya..

Setelah selesai Thawaf, sebelum Sa-i hampir aja lupa shalat sunnah thawaf 2 rakaat, nah ini juga kesempatan berdoa lagi. Sambil nunggu jamaah lain grup kita selesai thawaf.

Sama juga ya, ketika Sa’i. …. ada doa-doa sunnah ketika menaiki bukit Shafa, ketika berada di puncak bukit Shafa dan Marwa, dan doa ketika berjalan di bawah lampu hijau. Selain spot-spot tersebut, silakan berdoa apa saja hajat kita. Sampe tanjakan ke-7. Doa. Tahallul deh. Saya udah siapin gunting kecil di tas. Saya colek jamaah wanita dari kafilah lain yang sudah selesai tahalul, minta tolong guntingin rambut saya ngumpet-ngumpet.

Kang Hafidz rajin banget nih, merekam end-lap Sai grup kami.

Ya Rabb, jadi kangen ke sini lagiiih.. ijinkanlah Ya Rabb, undang hamba ke sini lagi, membawa keluarga tercinta… aamiin aamiin Allohumma aamiin.

###

Hijir Ismail.
Hijir Ismail adalah salah satu bagian dari Ka’bah yang terletak antara Rukun Syamin dan Rukun Iraqi. Dipagari oleh tembok rendah (al-Hatim) berbentuk setengah lingkaran. Hijir Ismail ini dahulu adalah tapak rumah keluarga Nabi Ibrahim. Di situlah Nabi Ismail tinggal bersama sang ibu, Siti Hajar.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, “Wahai Abu Hurairah, di pintu Hijir Ismail ada malaikat yang selalu mengatakan kepada setiap orang yang masuk dan shalat dua rakaat di Hijir Ismail; kamu telah diampuni dosa-dosamu. Maka mulailah dengan amalanmu yang baru.”

Keutamaan shalat di Hijir Ismail itu sama dengan shalat di dalam Ka’bah. Ini diriwayatkan oleh Abu Daud dari Aisyah r.a. yang berbunyi : ‘Dari Aisyah r.a. katanya; ‘Aku sangat ingin memasuki Ka’bah untuk melakukan shalat di dalamnya. Rasulullah SAW membawa Siti Aisyah ke dalam Hijir Ismail sambil berkata, ”Shalatlah kamu di sini jika kamu ingin shalat di dalam Ka’bah, karena ini termasuk sebagian dari Ka’bah.”

 photo hijr ismail_zpsf6cwjoua.jpg

Untuk bisa masuk dan shalat di Hijir Ismail ini juga perlu perjuangan, strategi, sabar dan tawakkal. Utamanya doa, minta ijin sama Allah, mau shalat di Hijr ismail. Terus merapat ke Al Hatim sambil bergerak terus ke pintu masuk. Jangan mendorong jamaah di depan kita. Sabar aja, tenang, fokus tambahin istighfar. Nanti juga ada celah jalan kita masuk, demikian juga mencari tempat yang cukup lega buat shalat, terutama buat ruku’ dan sujud. Sabar, njih. Kalo grasa-grusu bisa-bisa niat kita shalat sunnah prakteknya jadi shalat jenasah. 😀 😀 😀

Tempat favorit saya, di pojok kiri depan, mengurangi resiko dilangkahin jamaah, dan berharap bisa dapet lebih dari 2 rakaat dan puas-puasin doa.

Makkah City Tour.

Sebenarnya ada banyak tempat bersejarah yang bisa dikunjungi di kota suci Mekkah selain tempat ibadah Masjidil Haram, hanya saja tempat-tempat tersebut tidak pernah dipromosikan karena penduduk Saudi umumnya khawatir tempat bersejarah menjadi hal-hal yang sakral dan berujung syirik. Tempat bersejarah itu di antaranya adalah Jabal Nur (tempat turunnya ayat suci AlQuran pertama kali), Jabal Tsur (tempat Rasulullah (SAW) dan Abu Bakar (RA) bersembunyi sebelum hijrah ke Madinah), Padang Arafah (tempat wuquf saat melaksanakan ibadah haji), Jabal Rahmah, Mina (tempat melempar jumroh), tempat pembuatan kain ka’aba (kiswah), serta museum penyimpanan benda-benda bersejarah.

 photo sumur zamzam_zpsa0l45tua.jpg

 photo makkah museum 4_zpsrcyygnbv.jpg

Museum penyimpanan benda-benda bersejarah ini disebut The Exhibition of the Two Holy Mosques Architecture. Lokasi museum terletak 10 Km dari Masjidil Haram. Kita bisa menyaksikan benda-benda yang tertua peninggalan dari abad ke 10 H, atau tahun 632M. Ada sumur air zamzam, yang pernah dipakai di masa lalu. Ada juga foto-foto barang yang pernah dipakai di zaman nabi dan sahabat. Ada mushaf Quran dari zaman Utsmani yang menggunakan tulisan tangan yang sudah difoto copy, ada orang yang membuat kiswah (sekedar peragaan), yaitu kain besar untuk penutup ka’bah, dan masih banyak lagi yang bisa dilihat di sana.

 photo makkah museum 3_zpswn8qf6x2.jpg

 photo makkah museum 2_zpscf0bhn2s.jpg

 photo exhibition of the two holy mosque_zpsyqxhxmno.jpg

###

Peternakan Unta.

Sekarang ini ladang-ladang peternakan unta dimanfaatkan oleh orang-orang arab gunung (baca Badwi) sebagai daya tarik untuk berkunjung ke peternakan mereka. Mereka memperkerjakan orang-orang sudan (baca Sudani) sebagai pengembala dan pemerah susu unta. Susu unta dapat di beli dengan harga lima real untuk ukuran botol kecil 350ml.

 photo susu unta_zpscxnt9igp.jpg

Rasanya gimana?
Plain. Enak.
Mirip rasa susu sapi.
Dan ternyata perut saya kurang cocok dengan laktosa susu unta, jadi kembung, jadinya harus bolak balik wudhu ulang, hehe 🙂

###

………. bersambung lagi ………. #part4 ……….

#umrohbackpacker
#umrohplusbaitulmaqdis
#umrohplusaqsha
#umrohplusjordan
#umrohwithmom

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s