Ubepe Aqsha – part 2

Madinah Al Munawarah. 27 Jan 2017.
Allohummasholli wasallim wabaarik ‘ala sayyidina Muhammad.
Banyak yang tanya, dari airport ke penginapan, naik apa? Ada bus yang standby jemput antar rombongan dari dan kembali ke airport, city tour, dan dari Madinah ke Makkah.

Tidur dimana?
Sama saja dengan umroh regular. Kami tidur di hotel. Bukan di emperan Masjid. Catet yaah 🙂 di hotel. Jarak hotel ke Masjid Nabawi sekitar 200m. Lebih dekat dengan Gate 16. Pintu wanita.

Sekedar pengingat, kalau di Masjid Nabawi, area shalat pria dan wanita terpisah. Area shalat wanita lebih dekat masuk dari Gate 16 atau Gate 25 (ke Raudhah).

Tiga hari pertama di Madinah di antara waktu-waktu shalat fardhu kami mengunjungi Raudhah, Museum Asmaul Husna, Kebun Kurma, Masjid Quba, Kawasan Al Anbariya, dan makan ayam Albaik.

Raudhah.

Raudhah itu artinya “taman’ yang menggambarkan kesejukan dan kenikmatan. Raudhah yang dimaksud di sini tentu adalah area antara rumah dengan mimbar Nabi Saw sebagaimana hadis shahih Riwayat Bukhari “maa baina baitii wa minbarii raudhoh min riyaadhil jannah, wa minbari ‘alaa haudhii” (antara rumahku dan mimbarku adalah raudhoh (yaitu) taman dari surga, dan mimbarku di atas kolam).

Status “taman surga” inilah yang memotivasi jamaah untuk berburu tempat di depan kiri Masjid Nabawi ini. Shalat dan berdoa.

Keutamaan beribadah di Raudhah, yuk klik di sini.

Tips Nyaman di Raudhah.

Raudhah, adalah salah satu tempat mustajab doa. Perlu perjuangan, strategi, dan kesabaran luarbiasa untuk bisa nyaman di dalamnya.

Saran:

Sebaiknya kita jamaah wanita gabung rombongan Melayu (jamaah Malaysia dan indonesia).

Percaya muthowwifah (pembimbing). Kalau diminta duduk, duduk.
Kalau dihimbau shalat atau baca Quran atau perbanyak dzikruLLah, lakukanlah.

Minta sm Allah “rezeki” kelapangan beribadah dan berdoa di Raudhah.

Jangan terpengaruh tergesa-gesa berdesak-desakan. Sabar. Tenang. Fokus. Tambahin istighfar, insyaaAllah ada kesempatan kita shalat dan berdo’a dengan nyaman di Raudhah. … insyaaAllah. 🙂

 photo raudhah womens gate_zpsv8dbwwr1.jpg

 photo raudhah_zpsoo3u9jas.jpg

Allahumma sholli wa sallim wa baarik ‘ala sayyidina Muhammad.
Hasil jepretan ngumpet² ba’da Subuh 28 Januari 2017.
Alhamdulillah masyaaAllah ibu saya bahagia banget “merayakan” hari kelahiran beliau dengan bermunajat di Taman Surga. BaarakaLLahu fi umrik, mom…

 photo masjid nabawi 28 jan 2017_zpsqsof5ur8.jpg

Semoga Allah mengundang kita semua (kembali) ziarah ke rumah mulia ini, aamiin.

###

Masjid Quba.

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Madinah. Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa masjid Quba adalah masjid yang dibangun atas dasar takwa (Surat At Taubah:108). Sumber: Wikipedia.

 photo masjid quba 2_zpsxrhlzrvf.jpg

Keutamaan Masjid Quba dalam Quran dan Hadist

لَا تَقُمْ فِيهِ أَبَدًا ۚ لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

“….Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (Mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih” (QS At Taubah: 108)

“Ketika pembangunan Masjid ini selesai, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam mengimami shalat selama 20 hari. Semasa hidupnya, lelaki yang dijuluki Al-Amin ini selalu pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Setelah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam wafat, para sahabat menziarahi masjid ini dan melakukan salat di sana.”( HR. Bukhari no. 1117 , HR. Muslim no. 2478)

 photo masjid quba 3_zpsppmsq3sh.jpg

 photo masjid quba 1_zpsqhpca5yp.jpg

Shalat di masjid Quba memiliki keutamaan. Menurut Hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif radhiyallahu ‘anhum, ia pernah mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah”.( HR. Tirmizi no. 298. Ibnu Majah no. 1401)

###

Museum Asmaul Husna.

Berada sekitar luaran pagar masjid Nabawi sebelah barat. Semua nama Allah terpampang di sepanjang tembok galeri tersebut, antara lain Ar-Rahman yang artinya Yang Maha Pemurah, Ar-Rahim artinya Yang Maha Mengasihi, Al-Malik yang artinya Yang Maha Menguasai atau yang Maha Agung, Al-Khaliq yang artinya Yang Maha Pencipta, dan lainnya. Kemudian sepanjang kanan-kiri tembok terpampang Asmaul Husna.

###

Museum Al Quran.

Salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi para jamaah haji di Kota Madinah adalah Museum Alquran Madinah. Museum Alquran Madinah terletak persis di sebelah selatan Masjid Nabawi. Museum terbuka untuk umum dan tak memungut biaya alias gratis. Aneka koleksi naskah kuno Alquran dipamerkan dalam museum tersebut. Salah satunya adalah naskah Alquran yang terbuat dari kulit rusa yang berusia 100 tahun lebih. Selain naskah Alquran, pengunjung juga dapat menyaksikan tayangan audio visual yang menjelaskan perkembangan sejarah agama Islam.

Video di bawah ini adalah cuplikan penjelasan pembimbing umroh rombongan kami, Ustadz Fathan Qariba mahasiswa S2 Universitas Madinah, tentang Sejarah Al Quran.

###

Kebun Korma.

Berbelanja oleh-oleh adalah hal yang menyenangkan bagi para jamaah umroh terutama buah korma. Kota Madinah adalah kota penghasil buah kurma kualitas terbaik. Harga kurma di perkebunan kurma ini, berbeda dengan harga kurma di toko-toko sekitar Masjid Nabawi. Kenapa? Karena pengusaha memberikan tips kepada pengemudi bus yang mambawa jamaah ke sini, dan biaya itu dibebankan ke dalam harga jual kurma. Saya hanya belanja Kurma ‘Ajwah yang memang di sini kualitasnya lebih bagus. Kalau kurma jenis Sukkarri saya beli dekat hotel saja, kualitas dan kemasan bagus, harga lebih murah. Sementara jamaah lain masih “mborong” saya memilih ngadem di sini.

 photo kebun korma_zpslecd10dj.jpg

Tips Berbelanja Buah Kurma
1. Ketika anda sampai dikebun korma nikmatilah dulu minuman teh dan kopi khas arab yang dihidangkan dibawah pohon korma untuk para pengunjung.
2. Anda akan ditawarkan kalimat “halal-halal”, maka cicipilah dulu kormanya tidak masalah anda makan sampai kenyang hehee
3. sebaiknya jangan beli korma ajwa di kebon korma karna harganya sangat mahal jika dibandingkan dengan harga di toko korma dengan kwalitas yang sama .
4.Pilihlah korma yang agak lunak karena yang keras biasanya itu adalah setok lama
5.Sebaiknya anda berbelanja dengan uang real walaupun disana menerima uang rupiah untuk pembayaran.
6. Pilihlah buah korma yang warnanya mengkilat dan seragam.
7. Mintalah bantuan mutawif anda untuk mengenali buah korma yang stok lama atau yang masih baru
8. Belilah buah korma yang tempatnya tertutup rapat.
9.Jika anda membeli buah kurma yang masih basah atau mengkal (baca Ruthob) belilah yang sudah dikemas dalam kotak dan simpan dalam kulkas sebelum anda pulang ketanah air.

###

Kawasan Al Anbariya.

Sekitar satu kilometer arah barat daya dari Masjid Nabawi di Madinah, terdapat sebuah kawasan bernama Al Anbariya. Di lokasi ini terdapat sebuah bangunan bekas stasiun kereta api yang kini menjadi museum sejarah Madinah dan sebuah masjid berarsitektur Turki Usmani.

Bangunan utama di kawasan ini adalah Stasiun Kereta Api Hijaz. Gedung bergaya paduan arsitektur Mamluk, Turki, dan Eropa ini memiliki denah persegi panjang. Gedung tersebut didirikan pada 1908 oleh Kesultanan Turki Usmani dan awalnya dioperasikan sebagai stasiun kereta api jurusan Damaskus di Syria.

Stasiun ini utamanya digunakan untuk mengangkut jemaah haji dari Turki, Syiria, dan sekitarnya, ke Madinah atau sebaliknya. Pembangunan jalur ini dibantu Jerman, sedangkan lokomotif yang digunakan didatangkan dari Swiss. Hanya saja, pada 1920 operasional jalur ini dihentikan karena gangguan politik dan keamanan.
Baru pada 2006, pemerintah Arab Saudi menyulap bangunan stasiun ini menjadi museum bernama Medina Al Munawara Museum and Al Hijaz Railway Museum.

 photo rel kereta menuju syria_zpstevg2hrx.jpg

 photo rel kereta menuju syria hingga turki_zpsfyhlomqh.jpg

 photo al anbariya_zpsmievubzg.jpg

###

Kuliner Ayam Albaik.

Hanya ada di Madinah, Makkah, dan Jeddah. Must Try. Very highly recommended. Ayam goyeng arab, sedap, endeus gandeus mak… Porsinya segabruk. Bisa bertiga.

Alhamdulillah ada hamba-hamba Allah yang bantu membelikannya. Karena saya sendirian nggak sanggup ngadepin antriannya, he he.

Makasih Ustadz Fathan, Bang Andi, kang Hafidz….

#ubepe #ubepeaqsha #nemeninemak #petualangankuliner #umrohbackpacker #umrohplusaqsha #umrohplusjordan

 photo albaik_zps512od6is.jpg

Advertisements

2 thoughts on “Ubepe Aqsha – part 2

  1. Masya allah.. ada tempat yg blm ku kunjungi nih museum asmaul husna n al quran juga al anbariya.. baru denger nama ini..thanks mbaFi..one day sy balik lagi ke tanah suci smg bs dtg ke 3 tmpt itu.. nice share..jazakillah n barakallah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s