Sharing Ubepe Aqsha (1)

Tahun 2012 sedang heboh promo tiket maskapai anu, di komunitas Backpacker Dunia, dan saya tertarik baca satu postingan diskusi tentang Umroh Backpacker.

Penasaran. Gimana sih mekanismenya? Apa sih bedanya dengan Umroh Reguler? Saya googling. Gabung komunitas, facebook group AKM. Ayo Ke Mekah. Baca-baca lagi, tanya-tanya, dan selalu baper mupeng liat foto-foto seliweran.
Sempat juga saya bikin WA group buat sharing A-to-Z  sampe kita semua ter-‘ngeh-kan (tercerahkan) bagaimana mekanisme ubepe. Mulai dari bikin grup rombongan, berburu tiket promo, hingga memilih paket LA.  Kemudian saya googling dan pelajari lagi apa dan bagaimana itu LA.  Land of Arrangement. Masih belum puas, saya baca juga buku-buku tentang Ubepe.

Kesimpulan yang saya peroleh. Ubepe itu memberikan Kebebasan. Maksudnya, kita bebas menentukan paket sesuai kebutuhan grup. Mau naik maskapai apa, nginep dimana, katering atau tidak, mau berapa malam di Madinah, berapa malam di Makkah, tidur di hotel bintang berapa.

Desember 2015 ibu saya pulang umroh, bilang, “Mama pingin ke Masjid Al Aqsha.”  Saya temani beliau survey dari travel ke travel. 5 bulan beliau shalat istikharah, Allah beri petunjuk lewat Kafilah Akbar Musahefiz. Salah seorang TL-nya sharing info harga tiket Saudia rute KL – Jeddah –  Amman – Jakarta  di posisi Rp 9juta.  Setelah diskusi dengan keluarga, keputusannya, Bismillah, beli tiket tersebut, dan saya mendampingi beliau.

Nomer wa kami berdua dimasukkan ke dalam grup rombongan yang sama tujuan, kami saling mengenal, saling berbagi info seperti prakiraan cuaca, info terbaru keadaan destinasi, bawa bekal apa saja yang penting, dokumen tambahan yang harus disiapkan,  harga tiket pesawat dari kota asal ke Kuala Lumpur, memutuskan meeting point, dan hingga batas terakhir bayar LA.

Waktu berlalu sangat cepat, terutama setelah idhul Adha, grup jadi makin heboh, ternyata kita butuh tambahan longjohn, sarung tangan, kaus kaki winter dsb. Ada yang sharing info belanja di toko anu, manggadua, murmer. Besok paginya meluncurlah kami nyari tokonya. Alhamdulillah beres. Ada kali, empat kali saya bongkar koper, nyiasatin biar muat, bekal safar 15 hari. Tetep aja akhirnya bawa 2 koper masing-masing size 24. Satu koper padat karya. Satunya lagi kosong. Yakin koper pasti beranak, heheheh.

photo IMG_20170125_074847_HDR_zpshbhsujb4.jpg

Tanggal 25 Januari 2017 kami (mama dan saya) terbang ke Kuala Lumpur, di KLIA ketemu mbak Dewi dan suaminya, berempat kami naik bus ke penginapan di sekitar KL Sentral. Setelah mandi sore, kami cari makan Nasi Kandar di belakang hotel, lalu jalan masuk KL Sentral naik LRT Kelana Jaya. Mbak Dewi dan mas Bagus ke Petronas, saya temani mama ke lokasi favorit beliau: Masjid Jamek.

photo FB_IMG_1488966592516_zpsaydrppnx.jpg

Hari kedua setelah sarapan saya jalan ke Pasar Seni, cari sunkist enak, ternyata lagi nggak musim, yang banyak pisang sunpride. Beli jus buah mix saja, buat imboost, daya tahan tubuh. Langsung balik hotel. Jam 12 kami check out naik van menuju KLIA counter Saudi Airlines. Sambil tunggu rombongan lengkap, kami bergantian shalat, lalu antri di konter check in bagasi. Seragam rombongan kami hanya khimar tosca, kalung identitas warna kuning, pita merah putih di koper, dan label pengenal grup berisi informasi nama, no.tlp, hotel di Madinah, hotel di Makkah.
Labbaik Allahumma labbaik. Kami datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah.

photo FB_IMG_1488966986505_zpsw7qnmpyv.jpg

3 thoughts on “Sharing Ubepe Aqsha (1)

• Bersyukur lagi….. insyaaAllah di waktu terbaik dan dalam keadaan yang lebih baik, yaa… mba Wiwiet…. baarakaLLah….

1. Ress. Semoga kabarnya baik2 saja ya. Tolong add line ku segera ya : manirasr. Urgent. Mau tanya 1 bisnis. Thanks a lot. Ira FB.