(Sebelum) Pelesir di Malang

budgetJuli 2015.
Waktu di MRT sepulang dari USS si kakak ngomong, “Bu tahun depan kita ke Bromo yuk.”

Desember 2015.
Dan keinginan itu dia pertegas lagi ketika sarapan di Kamojang Garut.

Januari 2016.
Kakak dan adik kembali masuk sekolah, saya mulai pelototin kalender KBM semester genap kedua bocah ini, diskusi dengan si ayah kapan bisa cuti, kebat kebet kalender dinding di kamar, googling transportasi, penginapan, kuliner, atraksi-atraksi menarik di Malang dan Batu.

April 2016.
Berburu tiket kereta tujuan Malang dan tiket balik. Sebelumnya baca-baca di kaskus gimana strategi orang-orang memenangkan tiket kereta PP musim ramai, mudik lebaran. Tipsnya antara lain:

1. Booking tepat H-90 jam 00.00 dari tanggal keberangkatan yang kita mau, pesan online di akun resmi KAI.
2. Punya akses internet-banking untuk memperlancar pembayaran tiket yang sudah dipesan, karena batas waktu pelunasan hanya 60 menit. Beda dengan musim sepi, batas pembayaran 120 menit. Jadi dari pada tengah malem repot nyari ATM, mending jauh-jauh bulan punya akun internet banking dan dananya cukup.
3. Koneksi internet harus super-ngebut. Ngga cukup cuma ngandelin koneksi paket data yang 30ribu atau 50ribu, apalagi paket harian jaaah😀
4. Siapin data penumpang. Nama harus sama seperti di KTP, nomer KTP, tanggal lahir, alamat, tanggal keberangkatan. Kalo anak yang belum punya KTP, bisa masukkan tanggal lahirnya atau nomer penduduk di Kartu Keluarga. Tapi pengalaman kemarin waktu si adik, saya input nomer paspor.

Begadang 3-4 malam dan sempfet masuk angin bahorok setelahnya, haha… Alhamdulillah berhasil dapat tiket PP, di tanggal yang kita mau, 4 penumpang, posisi kursi yang kita suka, dan duduknya berdekatan.

Penginapan, paket land-tour, sewa kendaraan, diurus si ayah karena beliau punya teman yang bantu beresin hajat kita dengan harga yang bikin hati, adem.😀

To be continued. …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s