Mendadak Melaka (1)

Pertengahan September 2015 kembali si maskapai merah negeri jiran meluncurkan promo. Efek tiap hari liat gambar bagus sliweran tentang Melaka, saya booked terbang 14 -16 Oktober 2015. Jakarta-Kualalumpur PP. Lalu saya forward ke grup wa Muslimah Doyan Jalan dan FB group Muslim Traveller. Niatnya sih, supaya bisa dapet barengan, sharing cost penginapan. Alhamdulillah responnya antusias dan langsung pada booking tiket penerbangan yang sama.

Ada bu Nini dari Fasil 35 ODOJ, beliau bawa anaknya, mas Helmi. Ada mba Dian, dari Takaful, temannya bu Nini juga. Ada mama saya, tante saya. Ada teh ida Admin ODOJ 1871. Ada Unni Rinna, mamahnya teman anakku. Ada Hariyani, kenal di FB efekk “salah” undang karna terpengaruh mutual friend kita yang buanyaaak banget SMP SMA. Ada Listy Curly dan Liebe Ima yang saya kenal dari grup Muslim Traveller.

Persiapan kami jalan hanya kurleb 3 pekan. Padahal biasanya jarak waktu beli tiket ke jadwal terbang itu setahun. Hampir 90%nya masih “buta” dan baru akan pertama kali ke Malaysia. Alhamdulillah pada bersedia bagi tugas, ada yang nyaritau trayek angkutan umum, ada yang googling destinasi, ada yang booking penginapan, ada yang siap bawa tongsis dan bekal logistik lebih. Semua sepakat ketemu langsung di ruang tunggu keberangkatan Terminal 3 Soetta.

photo IMG-20151013-WA0004_zps0yvxt12y.jpg

photo IMG-20151013-WA0006_zpsuxmc9dxj.jpg

Alhamdulillah pesawat berangkat ontime, mendarat di Kualalumpur jam 9.30. Masuk gedung KLIA2 tujuan utama, toilet dan isi botol dengan air minum dari keran yang tersedia di dalam terminal. Setelah semua hajat tertunaikan, hehe. Sesi narsis, dimulaaaii… untuk bukti kepada para pak suami bahwa kita telah sampai KL selamat, dan kita share juga di grup Doyan Jalan.

photo IMG-20151013-WA0011_zps42fvk0iu.jpg

Kami geret koper sampai konter penjualan tiket bus yang terletak tak jauh dari pintu keluar imigresen. Kami beli karcis tujuan Melaka Sentral, tarifnya MYR 25 per penumpang. Nah dari keluar konter sampe masuk ruang tunggu naik bus, jaraknya lumayan. Gapapa deh yang penting adem dan bisa tersambung Free-WiFi, udah cukup.😀

photo klia2-konterbus_zpskj2yf2el.jpg

photo KLIA2-way-to-bus-station_zpst8nffhnz.jpg

photo KLIA2-bus-station_zpsdsej8t5s.jpg

Bus tujuan Melaka ada di jalur A3. Sekitar setengah jam menunggu, Alhamdulillah busnya datang. Bagasi beres, penumpang naik dan duduk di kursi masing-masing sesuai dengan yang tercetak di karcis. Estimasi lama perjalanan menuju Melaka sekitar 2 jam 15 menit. Tidak ada pemandangan menarik sepanjang jalan kecuali jalan tol yang membentang tak terlihat ujungnya, dan perkebunan kelapa sawit. Aktifitas di atas bus, ada yang tidur, ada yang ngobrol, ngemil, dan narsis.

photo IMG-20151013-WA0032_zpsjsuaedrg.jpg

Setiba di terminal bus Melaka Sentral, jam 1 siang, semua perut kompak mainkan keroncong klasik. Sepakat kami mampir di kedai makan halal terdekat, yang kelihatan bandrol harganya dan sepi pengunjung, langsung pesan paket hematnya. Ada paket nasi tomyam minum hanya 6,5 ringgit.

photo IMG-20151013-WA0018_zpsmozqeuhk.jpeg

Tomyamnya seger banget, atau kitanya aja yang memang sedang kelaperan sangat. Nggak semfet fotoin menunya, keburu kalap. Lagian foto menu sebelum makan, sudah terlalu mainstream. Ahaay😛 ….

photo IMG-20151013-WA0022_zps6c8wwoxu.jpg

Selesai maksi, kita mampir toilet dan musholla, untuk menjamak qashar shalat Dzuhur dan Ashar. Toiletnya berbayar, satu orang 5 sen, dan tetap saja, bau pesing. Musholla bersih, ada stok telekung (mukena) untuk umum. Setelah itu kami bergegas menuju ruang tunggu untuk naik bus Panorama Melaka No.17 tujuan Bangunan Merah. Ongkosnya 1,5 ringgit per orang.

photo IMG-20151018-WA0011_zps5wpp2mhp.jpg

photo IMG-20151013-WA0033_zpsgwno6a4o.jpg

photo IMG-20151013-WA0031_zpsxnerua7a.jpg

Sampe Bangunan Merah, kami turun. Mereka heboh langsung foto-foto, saya celingukan lalu nyebrang jalan, kantor informasi turisnya tutup krn jam istirahat, celingukan lagi terus lihat polisi maka saya datangi, tanya jalan menuju penginapan.

photo IMG-20151019-WA0025_zpstsyoiy33.jpg

photo IMG-20151014-WA0043_zpsa4ra9ixm.jpg

Sampailah kami di penginapan. River One Residence. Ada yang sibuk urus check-in, ada yang semfet narsis, ada yang langsung ikut masuk duduk nyender, ngadem, mata kriyep-kriyep, keliatan banget pengen lempengin kaki. Resepsionisnya meskipun terkesan kurang ramah tapi kerjanya efisien, gesit, kami cepat dapat kamar.