Jalan Jalan Mandiri

Bagi yang senang bepergian mandiri, tanpa travel, semoga tautan-tautan di bawah ini bermanfaat.

Maskapai penerbangan.
Pemesanan tiket online.
http://www.AirAsia.com
http://www.LionAir.co.id.
http://www.TigerAir.com
http://www.JetStar.com

Penginapan.
Pemesanan online.
http://www.agoda.com
http://www.booking.com
http://www.TicTab.com
Kaha Tour 021 29295700

Ada yang minta pembayaran langsung via ATM transfer atau Kartu Kredit. Ada yang minta nomer kartu kredit kita sebagai jaminan kalau-kalau batal hadir pas hari-H. Ada yang boleh bayar tunai (mata uang mereka) pada hari kita menginap.

Pesawat dan Penginapan.
http://www.Tiket.com
http://www.NusaTrip.com
http://www.traveloka.com

Review atau Ulasan mengenai tempat-tempat wisata dan penginapan yang kita inginkan.
http://www.TripAdvisor.com

Kebanyakan tautan-tautan tersebut di atas, sudah ada aplikasinya di Playstore bagi pengguna hape Android.

Saya mulai berani travelling mandiri sejak SMP, Jakarta – Kudus. Lalu pas SMA Jakarta – Surabaya. Kemudian waktu jaman kuliah Jakarta – Malang –  Bali. Moda transportasi yang saya gunakan baru hanya bus dan kereta.

Setelah menikah dan anak-anak mulai remaja baru travelling lagi. Apa sih yang bikin hepi? Pertama, bahagia menyaksikan kecantikan alam ciptaan Allah, kehebatan Allah. … Alasan kedua, bisa kenal ngobrol dan belajar budaya (yang baik-baik) dari teman-teman baru. … Ketiga, nyicipin kuliner khas daerah baru. …. Keempat, bawa pulang yang unik-unik, itu juga bila bajetnya cukup. Klo nggak, fotonya aja. Hehe. 

Pernah 2008 dapat reward dari perusahaan, pelesir ke Athena Yunani. Setelah itu jadi pingin jalan-jalan mandiri. Ngatur waktu sendiri, ngunjungi tempat yang belum terlalu populer, tidak ada ikatan target waktu, dan bisa menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

Tahun 2010 dapat info ada milis komunitas backpacker. Saya gabung. Ada facebooknya, gabung juga. Awalnya cuma baca cerita dan ngeliatin foto-foto sliweran di sana. Lama-lama tertarik juga, ketika ada yang share info promo sebuah maskapai. Jakarta – Singapura cuma bayar sembilan puluh ribu rupiah sajaaah.

Mulai deh, berlangganan e-newsletter  berbagai website untuk mendapatkan info penawaran promo tiket pesawat dan diskon penginapan. Sampai hari ini baru berani semi-backpacking di Singapura dan Malaysia, dengan alasan mudah mendapatkan makanan halal dan banyak masjid buat mampir bersuci dan solat. Jalan-jalan okkayh. Pelesiran senang-senang, okkeh. Tapi waktunya solat, ya solat. Kita nggak pernah tahu, kapan dimana bertemu ajal.

Sebetulnya pingin banget siih berkunjung ke Aceh, ke Makassar, ke Nusa Tenggara, ke Papua. Karena negeri kita ini jaaauuh lebih cantik dari pada negara yang pernah saya kunjungi. Liat deh ….
25 reasons why you should never travel to Indonesia – https://indonesia.tripcanvas.co/beach-islands/travel-to-indonesia/

Ma-syaa Allah , keren banget..

Semoga saja kelak transportasi dan akomodasi wisata di negeri ini bisa bersaing dengan negara tetangga. Baik mutu, layanan, pun harganya.

Pernah ajak mama dan adiknya jalan-jalan seru di Kuala Lumpur Singapura dengan biaya super murmer.  Pernah dapat tiket pesawat Jakarta – Singapura cuma tiga ratus ribuan PP loh. Pernah dapat Jakarta – Kuala Lumpur lima ratus ribu, berempat. Pernah juga dapat promo Kuala Lumpur – Singapura 25ribu sajaaah. 

Itu yg 25ribu, bikin lumayan deg2an, semfet mikir, jgn2 ada kesalahan di website nya, takut ditagih pas check in… alhamdulillah, aman sentosaah…

Pernah jln2 ke Bandung.. niatnya pulang hari.. tapi krn kecapekan macet, akhirnya memutuskan nginep. Kunjung ke bbrp hotel, full-book. Ada yg kamarnya ready, muahal bamet. Sambil ngaso di parkiran hotel, intip2 agoda. Ehh kamar yg kita mau-in di hotel tsb, diskon 40%.😍 Bungkuuuss… setelah terima nomer booking dari agoda, balik lagi menghadap si resepsionist, hahaha..

Penginapan biasanya saya pilih-pilih nggak mesti yang murah, tapi yang utama harus dekat dengan tempat jajanan halal, dekat stasiun atau terminal bus, dekat masjid atau dekat pasar yang jual oleh-oleh.

Waktu ke Bromo, malah dapat rumah sodaranya teman. Berlima belas kruntelan tumplek blek. Kemana-mana yang jarak dekat dalam kota, sewa angkot. Jarak jauh, luar kota, patungan sewa elf. Tiket Jakarta – Malang dapat kereta harga Rp. 145.000,- PP. … Berangkatnya sih gak terasa. Pulangnya, di kereta, lima belas jam duduk tegak sembilan puluh derajat. Hahahaha… rame-rame ya asyik laah, seruu.

Banyak bacain juga blog-blog para pejalan mandiri yang  memberikan ulasan tempat penginapan, tempat wisata, kendaraan angkutan umum, dan tips-tips remeh temeh lainnya yang bisa sangat membantu perjalanan kita.

Semoga sharing ini bermanfaat, yaa… Happy travelling. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s