Night 2. KTM intercity Senandung Sutera.

Sharing lanjutan, family backpacking 5D4N Putrajaya – Kualalumpur – Johor Bahru – Singapore. Sebetulnya ini bukan perjalanan backpacking murni,  tapi semi-backpacking, karena kami harus mengakomodasi harapan anak-anak dan mengukur kesiapan fisik mereka.

Sore menjelang malam, urusan packing beres, kami masuk KL Sentral, duduk, baru deh badan terasa lengket oleh keringat. Bilik mandi di stasiun KL Sentral terletak di pojok lantai 1, ikuti saja petunjuk arahnya, atau bila ragu, tanya ke petugas informasi. Bilik mandi ini mengenakan biaya RM 5. Mandi dan sewa handuk RM 7. Ada jasa setrika juga. Lumayan mahal tapi kamar mandinya banyak dan bersih, di dalamnya sudah tersedia sampo sabun mandi cair dengan wangi yang segar. Air kerannya juga deras.

Puan penjaga bilik mandi kesannya rada jutek, tapi kita jangan baper, kasih senyum aja, ngomong keperluan kita, bayar, dan ucapkan terima kasih. Jangan berisik. Jaga ketenangan di dalam ruangan.  Masing-masing kita dapat kunci kamar untuk simpan barang selama yang empunya mandi. Di dalam kamar tersebut ada sebuah kursi, cermin besar, gantungan baju, dan tempat sampah. Perhatikan petunjuk cara mengunci kamar. Pencet dulu selot pintu dari dalam kamar, baru kita keluar kamar dan menutup pintu.

Waktu kami di sana, nggak ada antrian, jadi bisa langsung mandi, dan puas-puasin bersihin badan karena besok pagi sesampai di Johor Bahru atau di Singapore belum tentu bisa mandi pagi, hehehe. Secara, kita baru bisa check-in penginapan jam 3 sore, dan stasiun di JB Sentral maupun Woodlands, cuma tersedia toilet.

Selesai urusan bebersih kulit dan shalat baru jam 8 malam. Boarding kereta jam 10. Saya memilih duduk di kursi pijat, tilawah target ODOJ dan menjaga barang-barang sementara anak-anak dan ayahnya menjelajah KL Sentral.

Dari Kualalumpur ke Singapore bisa naik pesawat, bus, atau kereta.  Perjalanan dengan kereta Senandung Sutera menempuh waktu 7-8 jam. Sedangkan dengan bus malam hanya 4-5 jam. Harga tiket bus malam relatif lebih hemat dari pada kereta. Suami memilih moda kereta tujuannya agar supaya anak-anak bisa istirahat malamnya lebih lama. Senandung Sutera punya 2 jenis gerbong, kursi, dan kasur.  Beli tiket keretanya online, satu bulan sebelum keberangkatan, supaya bisa pilih kasur berdekatan.

Jam 6 kereta tiba di JB Sentral.  Orang-orang berlarian menuju pintu Kastam/imigresen. Sedangkan saya masih berusaha “ngumpulin nyawa”  efek baru bisa pulas jam 3 pagi karena sempat merasa terganggu oleh dinginnya AC di dalam gerbong dan berisiknya sambungan antar gerbong akibat penumpang membuka pintu gerbong untuk masuk keluar toilet. Saran saya, kalau mau menggunakan moda transportasi ini, pakai jaket atau selimutan pasmina, kaus kaki, dan penutup telinga, agar bisa istirahat lebih efektif.

Cara booking online tiket Senandung Sutera, klik di sini

Lihat jam, pikiran pertama yang terlintas, shalat Subuh.  Ruang shalat ada di belakang KFC.  Sayang tak sempat foto ruangan shalatnya yang bersih, luas dan terang benderang. Di dalamnya tersedia banyak mukena. Meskipun tak mandi pagi, kulit dan badan terasa lumayan segar, efek terbasuh air wudhu.

Kami membeli sarapan di kedai nasi lemak di seberang KFC. Ketika di Jakarta, kami berencana menjelajah Johor Bahru, tapi kemudian berubah karena pertimbangan kekuatan fisik anak-anak. Dari Johor Bahru ke Singapore biasanya (dan lebih hematnya) naik bus. Tapiii.. antrian di bagian kastam imigresen sampai dapat bus, bisa makan waktu dua jam, berdiri, jalan geret koper, naik turun tangga eskalator dan berdiri lagi mengantri sampai dapat bus.  Belum lagi di perjalanan, antrian kendaraan mau masuk dan keluar Singapore, pada jam-jam sibuk, macetnya bisa satu jam lagi.

Akhirnya kami sepakat pilih naik kereta lagi, dari JB Sentral menuju Woodlands Singapore, yang antriannya lebih singkat, dan perjalanannya cuma 5 menit, sampai Woodlands.

Sampai di Woodlands kami keluar kereta dan langsung antri kastam imigresen Singapore.  Sebetulnya ada larangan nggak boleh foto-foto, tapi saya ngumpet-ngumpet memfoto kakak adik yang sedang mengisi formulir kedatangan.

Welcome to Singapore!🙂

Cara booking online tiket Senandung Sutera, klik di sini

4 thoughts on “Night 2. KTM intercity Senandung Sutera.

1. Mbak mau nanya. Knp destination nya ke jb gk lgsg ke woodland dari kl sentral? Hehe.. maap ya mbak. Saya newbie bgt ini. Jadi blum bgtu ngerti.