Day 3. Woodlands, Masjid Sultan, Marina Bay Sands

Keluar gedung kastam kami berjalan menuju halte terdekat sambil diskusi lagi, mau naik bus 170 yang langsung turun di terminal Queenstreet, atau mau naik bus apa aja yang turun di stasiun MRT terdekat?  Secara, kita perlu menitipkan koper dulu di penginapan, baru melancongi Singapura. Lokasi hostel kami ada di dekat Masjid Sultan – Kampong Glam, dekat dari Queenstreet.  Dua kali lewat bus 170 selalu penuuuhh. Suamiku bilang, tunggu yang berikutnya, kalau dalam 30 menit belum juga bisa naik 170 baru kita naik MRT.  Alhamdulillah kurang dari 10 menit datanglah 170 tujuan Queenstreet yang lumayan lega.

Suami tanya ke supir bus, kalau turun di Queenstreet, berapa ongkosnya berempat.  Supir jawab $10 karena satu orang ongkosnya $2.5. Saya pikir, oh sudah naik ya, ongkosnya. Karena yang saya baca di blog travellers, ongkos bus dari JB Sentral or Woodlands ke Queenstreet atau sebaliknya, $2.4.   Nhaaa mengingat antrian penumpang di belakang kita banyak, suamiku tergesa-gesa mencabut lembaran dollar di dompetnya, langsung nyemplungin di kotak ongkos.  Supirnya agak nyolot, stop stop sudah cukup. Ehh? Kenapa? Dia lanjutkan, tadi Anda masukkan selembar uang 5 dollar Singapore dan 3 lembar uang 1 dollar Amerika.  Oooowh.. baiklah.  Satu hal yang saya respek, kejujuran driver bus ini.  Terima kasih, pacik. …

Enaknya naik bus itu, bisa lihat-lihat pemandangan kota.  Pembangunan jalur MRT baru, perkantoran, orang-orang yang berbudaya disiplin, nggak ada yang jalan kaki santai, semua bergegas. Lumayan jauh juga ya, dari Woodlands ke Queenstreet hampir satu jam.  Alhamdulillah driver bus baik hati, ngasih tau jalan menuju  Aliwal Street, alamat hostel yang akan kami tempati.

Sampai hostel, kami kasih waktu anak-anak istirahat, sementara suami dan saya ngelayap, ke stasiun MRT Bugis, membeli kartu prabayar Easy-Link, untuk transportasi MRT dan Bus. Sangat Hemat. Praktis, mau kemana-mana, tinggal Tap.

Kami naik MRT ke Chinatown, berburu tiket murah Universal Studio, yang menurut info backpackers, ada di sebuah kantor travel, di lantai dua gedung Lucky Chinatown, turun MRT ambil Exit A, gedungnya di sebelah kiri. Kalau beli di loket USS, satu tiket terusan harganya $74.   Sedangkan di kantor travel ini kami dapatkan tiket terusan plus voucher makan senilai $10, bayarnya $66 saja. 

Turun lantai satu gedung Lucky Chinatown, di pojokan ada toko yang menjual simcard. Saya langsung beli satu, pasang dan aktifkan, agar bisa terhubung dengan anak-anak di hostel. Paket internet 3 hari cuma $5 dan koneksinya… ngacir!🙂

Dalam perjalanan kembali ke hostel saya Whatsapp anak-anak agar bersiap-siap, dalam satu jam kita akan jalan-jalan, mengunjungi Masjid Sultan, dan Marina Bay Sands. Nonton Wonderful-Show.  Pertunjukan animasi air dan laser yang menceritakan visi Singapura sebagai negara yang mengayomi rakyatnya yang terdiri dari multi etnis multi kultural. 

Selesai nonton Wonderful Show, kami kembali ke hotel melalui rute yang berbeda, mengikuti saran staf hostel, dari stasiun Bayfront di bawah Mal Marina Bay Sands naik MRT jalur kuning turun stasiun Nicolle Highway. Ambil pintu Exit yang menuju Arab Street. Waaaw iya bener lebih deket sampe hostel ternyataah… Alhamdulillah.

PENGINAPAN
Kami menginap di 5Footway inn Bugis. Kenapa lebih suka hostel ini?  Pertama, dekat dengan masjid. Kedua, banyak pilihan kuliner halal. Ketiga, ada kamar buat empat orang dan kamar mandinya di dalam kamar. Keempat, sarapan sehat, sepuasnya.  Kelima, harganya setengah dari harga hotel. Kekurangan hostel ini, kamarnya sempit, haha. Cuma bisa buat tidur sama naro koper-koper, sisanya paling bisa buat shalat satu orang. Alhamdulillah.

KULINER.
Kuliner pertama yang kita santap adalah Martabak Daging Rusa.  Dimana?  Paling enak rasanya, dan mantap porsinya, di ZamZam Restaurant, tetangga Masjid Sultan. Kami pesan dua porsi briyani dan satu porsi Deer Murtabak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s