Soft Marketing di Facebook

Banyak orang membuat blog pribadi untuk menulis tentang kegiatannya, tentang diri penulisnya, hikmah dan juga hal-hal positif yang bisa bermanfaat bagi para pembacanya.

Begitu juga di facebook, yang menjadi tempat ajang sharing umat manusia modern abad ini. Intinya tetap sama, yaitu berbagi hal-hal yang bermanfaat. Anda bisa berbagi apapun, mulai dari tulisan, foto, video… everything-lah.

Tujuan dari semuanya itu, satu.  Membuat orang lain mengenal siapa diri kita, bisa lebih dekat dengan kita, dan yang pasti percaya kepada kita.

Kalau kepercayaan ini sudah ada dan mereka merasa kita bisa mendatangkan manfaat yang bagus, maka ini adalah langkah awal yang baik jika memang Anda memiliki satu bisnis yang ingin dipromosikan.

Pelan-pelan, kita bisa membuat catatan, status ataupun berbagi link bisnis. Tapi ingat, jangan main kasar. Seperti : melakukan random-tagging.  Menandai friendlist di foto atau mention nama friendlist status Anda, tanpa seijin mereka.  Kebanyakan orang akan merasa terganggu dengan tindakan ini, apalagi jika Anda lakukan berkali-kali.

Berikan saja mereka informasi positif bernada netral, seakan-akan Anda mau berbagi informasi yang bagus, bukan mau menjual. Kan nantinya link bisnis Anda juga tetap bisa dipasang.

Main kasar alias spam ataupun hard selling, hanya akan membuat Anda tidak disukai oleh orang lain.

Jangan sampai maksud Anda baik, tapi malah Anda dimaki-maki dan di sumpah serapahi, yang pada akhirnya akan menghambat laju bisnis Anda. Jadi santai aja
pake falsafah tenang tapi menghanyutkan..

Jangan lupa tinggalkan kontak yang bisa dihubungi. So, mereka yang butuh informasi lebih lanjut pasti akan menghubungi Anda. Disanalah kesempatan kita untuk selling yang sesungguhnya.

Lakukan follow up dengan hati dan personal. Pendekatan pribadi dan emosional, terbukti lebih banyak menghasilkan daripada sekedar gebrakan marketing belaka.

Oke itu aja sharing saya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s