Takut Menikah Karena…

Perempuan bisa takut menikah karena beberapa alasan,
1. Takut pendidikan terganggu
2. Takut karir terhambat
3. Takut miskin
4. Takut tidak cocok dengan keluarga suami
5. Takut tidak bahagia

Padahal…. kalau saja kita mau belajar konsep pernikahan dalam islam, menikah itu fithrah.

Menikah itu …
1. Setengah diin, sholat berjamaah, puasa, bercinta karena Allah, saling menyayangi, saling memuji, berketurunan, saling menguatkan dalam menghadapi ujian hidup, shadaqah berdua, haji berdua, umrah berdua, nikmatnya masyaaAllah.
2. Ladang pahala. Berpegangan tangan saja, berpahala.
3. Pengundang keberkahan.
4. Menikah itu, pintu pembuka rahmat Allah.
5. Jalan kemuliaan untuk meraih surga-Nya. …. dan seterusnya.

Tidak menikah pun, karir dan pendidikan bisa juga kandas oleh sebab yang lain.  Tidak menikah pun, harta bisa habis jika Allah hendak mengambilnya.  Tidak menikah, justru bisa mengurangi kebahagiaan, karena fithrahnya manusia itu hidup berpasangan.

Semua ketakutan tersebut, sebetulnya ada solusinya Sis, asal kita mau ikhtiar, meluruskan niat, dan mohon pertolongan Allah. 

Tentu saja, perlu bekal ilmu yang tidak sedikit dalam mengarungi bahtera rumah tangga.  Jangan berhenti menuntut ilmu kepada orang-orang shalih, jangan gengsi menimba ilmu kepada orang-orang yang kita nilai berhasil dalam kehidupan pernikahannya. Amalkan ilmu-ilmu tersebut semampu kita.

Modal utama lainnya adalah selalu bersangka baik kepada Allah.   Jangan sombong, merasa kualitas diri lebih baik lalu berangan-angan mendapat jodoh yang selevel. Subhanallah.   Silakan fokus harapkan yang terbaik, dan imbangi juga dengan ilmu dan ikhtiar yang masif, terus menerus memantaskan diri dalam penilaian Allah, untuk mendapatkan yang terbaik.

Beberapa ikhtiar yang dianjurkan untuk menjemput jodoh yang shalih:
1. Bertaubat, tidak ada manusia yang luput dari dosa. Tidak ada manusia yang sempurna. Bersihkan diri, bersihkan hati. Luruskan niat.
2. Berdoa, minta kepada Allah, minta yang baik untuk dunia, agama, dan akherat. Perbaiki shalat kita, lebih sering tepat waktu, berjamaah, perbanyak shalat sunnah, menjaga wudhu dan memperbanyak membaca Al Quran.
3. Silaturahim dengan orang-orang shalih. Duduk di kajian islam, gabung komunitas islam, berorganisasi.
4. Shadaqah.
Shadaqah jor-joran. Shadaqah yang terbaik dari harta yang kita sayangi. Shadaqah waktu, shadaqah ilmu, shadaqah pikiran dan tenaga, fi sabilillah. Shadaqah, katalisator terkabulnya doa.

Matikan tivi, pindahkan saluran dari tayangan dan sinetron yang menceritakan KDRT, kalau kamu “hobi” baca dan nonton penderitaan orang lain, mestakung, itu akan mengundang nasib jelek, akhirnya terjadi juga padamu. Na’udzubillah.

Pelihara pikiran dan hati kita dari hal-hal yang bisa meracuni persepsi. Kalau pun (tanpa kita bisa hindari) ada teman yang curhat, jangan baper, tapi ambil hikmahnya, bahwa kamu perlu ilmu lebih untuk sukses dan bahagia dalam kehidupan pernikahanmu.

Sebaliknya, kita harus berani menjalin silaturahim dengan sahabat atau orangtua yang kehidupan pernikahannya langgeng, hingga salah satunya berpulang duluan. Selalu sadar diri, tahu diri, bahwa tidak ada pernikahan yang sempurna sebagaimana diri kita yang tidak sempurna.

Bertekadlah untuk belajar mencintai kekurangan pasanganmu kelak. Bertekadlah untuk mensyukuri segala karunia Allah dalam pernikahanmu. Bercita-citalah, dan bersungguh-sungguhlah, untuk sebuah pernikahan yang langgeng sampai di surga.

Tips enteng jodoh (yang shalih) ini terinspirasi dari keluarga shalih yang saya kenal. Kalau ada kebenaran dari sharing ini, itu dari Allah. Sedangkan yang salah, yang tidak sesuai dengan Al Quran dan sunnah Nabi Saw, itu berasal dari diri saya pribadi yang fakir ilmu, mohon maaf lahir batin.

2 thoughts on “Takut Menikah Karena…

  1. Sempet terhenyak pd kata ‘shodaqoh waktu’. Artikel diatas, selain nmbah smngat dlm mnggapai jodoh dg jln yg Allah ridhoi, jg mnmbah smngat mnjdi slh satu admin di suatu komunitas. Saya sadari atau bnyk gk sadarnya, mnjdi admin tsb adlh suatu sodaqoh waktu yg bs saja mmbntu saya untuk ddktkan pd jodoh yg baik oleh Allah. hehehe

    Syukron mbafi :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s