Ar Rozzaaq

Kajian tentang Ar Rozzaaq (Maha Pemberi Rezeki) kemarin pagi di AQL Center, oleh ustadz Bachtiar Natsir, beliau sharing… dari literatur2 yg beliau pelajari…. org2 yg sdh wafat, di dlm kubur memohon kpd Allah agar dipinjamkan waktu kembali hidup agar bisa lebih banyak beramal-shalih. Tapi tidak bisa.

Nah… mumpung kita masih ada sisa umur, mumpung msh dikasih kesempatan ketemu Ramadhan, yuuk manfaatkan semaksimal yg kita mampu utk mengisi bekal dunia dan akhirat juga.  󾌵

Syarat sukses, memang harus berani kerja professional. Tapi kerja keras saja ternyata bukan jaminan kesuksesan. Apalagi kalau sampai, meninggalkan solat, tidak sempat membaca Al Quran, demi target penghasilan. Banyak mau, banyak keinginan, banyak angan-angan, jadi hidup hanya kerja – kerja – kerja. Ini mindset masyarakat ekonomi lemah, kata Ustadz Bachtiar Natsir.

Padahal, siapakah yang memberi rezeki?  Siapakah yang mengijinkan kita berhasil meraih keinginan dan harapan kita?  Siapakah yang sesungguhnya mampu mewujudkan impian kita jadi kenyataan?

Agar hidup berubah lebih baik. Perlu perubahan mindset, pola pikir, sikap mental. Hidup tak hanya kerja dari pagi sampai pagi demi mengejar omset / kenaikan gaji. Tapi juga perlu makanan jiwa, kebahagiaan, dan tambahan bekal akhirat.

image

Buat kita para pekerja keras, yang punya banyak kebutuhan dan merasa rezekinya agak seret, atau rezeki banyak tapi masalah tambah banyak dan utang juga lebih banyak dari pada penghasilan…. Ustadz Bachtiar Natsir memberikan tips tips praktis….

1. memulai hari dengan dzikrullah, membaca Al Quran, dan bersedekah.

2. Perbaiki kualitas solat wajib. Bagi laki-laki wajib solat fardhu di masjid.  Tambahkan dgn solat-sholat sunnah,  dhuha 4 rokaat,  solat sunnah taubat dan tahajjud di akhir malam.

3.  Dzikrullah. Istighfar 100x sehari. Dzikir tiap selesai solat, tasbih 33x, tahmid 33x, takbir 33x, tahlil.  Dzikir pagi.  Dzikr petang.

4.  Jalin silaturahim dgn orang2 baik.
5.  Niatkan dlm hati, klo dpt rezeki lebih banyak, tekadkan buat bayar lunas hutang dan bersedekah lebih banyak lagi.

6. Berdoa kpd Allah, agar diberikan kenikmatan beribadah, berdiri lama, ruku lebih lama, sujud lebih lama, sholat lebih khusyu,  baca Quran lebih nikmat, dsb.

7. Jaga pola arus kehalalan rezeki, krn kelak akan dihisab /  dipertanggungjawabkan  dari mana dan untuk apa.

Menurut beliau, kalau mau hidup lebih baik, amalkan tips tips ini tiap hari berturut-turut. Niatnya karena Allah…
󾌵

Ada seorang pengusaha sawit yang melihat kebunnya mulai kekeringan, seperti akan terjadi batal panen… Beliau menelpon sahabatnya yang orang ‘alim.  Lalu bersama – sama sahabatnya itu , mereka berkeliling mengunjungi rumah-rumah penduduk sekitar , berbagi sembako  (berinfaq). Lalu mengajak seluruh masyarakat sekitat perkebunan itu, datang ke lapangan , sholat istisqo, minta hujan.  Dua hari setelahnya, turun hujan, hanya di sekitat  pemukiman penduduk dan perkebunan.

image

Ayat ini juga solusi bagi masalah krisis ekonomi dunia.

Tips bagi pasangan suami istri yang sedang dalam upaya menyelamatkan pernikahannya:

1. Tips bagi suami, pangkal setiap masalah rumahtangga ada pada suami. Bertaubatlah kepada Allah. Jika masih cinta, maka terimalah istrimu dan maafkanlah semua kesalahannya.

2. Tips bagi istri, jangan kikir memaafkan. Bertaubatlah kepada Allah. Jika masih cinta, jangan mengungkit kesalahan masa lalu. Maafkanlah dan terimalah.

Siapa yang ingat syair ini, di film Cinderella Indonesia, 
“Kerja-kerja.. mari kita kerja.. gunting jahit, jadilah gaun.. gaun indah menarik.. untuk putri yang cantik..”

Yuk, awali hari dengan Dzikrullah, baca Al Quran, dan bersedekah. Hingga Allah ridho, dan menurunkan bala tentara-Nya, malaikat-malaikat-Nya menolong menyelesaikan urusan kita dan Allah cukupi segala kebutuhan kita. 

*cuplikan catatan dari Kajian Asmaul Husna – Ar Rozzaaq – di AQL Center. Tebet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s