Ah… Ternyata…

Dulu dikira yang keren itu klo bisa melafadzkan hermes, channel, louis vuitton dgn benar… Ternyata apalah artinya saat BELUM bisa bedain lafadz huruf hijaiyah antara da, dza, za dan ja. Antara ta dan tsa. Antara sya dan sho. … Apalagi sampe usia segini belum bisa baca Quran, tartil.

Dulu dikira yang keren itu klo bisa naik pesawat melancong ke luar negeri lalu foto-foto di berbagai negara. Napak tilas artis-artis terkenal.
Ternyata apalah artinya saat belum pernah mengunjungi Baitullah dan Rawdhah rumah Rasulullah Saw. …dan usia terus habis tak bisa dikembalikan.

Dulu dikira yang keren itu klo anak masih kecil pintar bahasa luar, fasih nyanyi lagu barat, tinggal di indonesia sehari-hari berbahasa inggris, prancis, dsb.
Ternyata apalah artinya saat ditanya siapa penciptanya bahkan anak tak bisa menyebut nama Allah dgn benar dan lantang.. Apalah artinya saat doa sehari-hari masih asing bagi anak seolah anak tak pernah hidup utk ibadah.

Dulu dikira yang keren itu klo suami istri matching, kemana-mana serasi, dandanan maksimal..
Ternyata, apalah artinya jika belum saling menolong saling menguatkan dalam perkara agama. Lebih mentingin penampilan luar dari pada hakikat suami istri sesungguhnya, dan menjadi partner untuk perkara akhirat…

Dulu dikira yang keren itu rumah mewah ala rancangan arsitek kekinian.
Ternyata, apalah artinya bila orang yang tinggal di dalamnya meninggalkan sholat. Apalagi bila rumah menjadi bak kuburan, di dalamnya tak pernah ada anggota keluarga yang membaca Qur’an.

Dulu dikira yang keren itu toilet bercloset duduk ala hotel bintang lima. Betah berlama-lama di toilet. Baca novel. Dengerin musik. Ngobrol asyik di telepon sambil duduk di closet.
Ternyata, kata Nabi Saw, toilet itu rumahnya syaithan. Betah asyik berlama-lama di dalamnya, bisa berarti betah di dalam rumah syaithan.

Dulu dikira yang keren itu weekend jalan ke Mall atau ke tempat rekreasi terkenal. Bersama keluarga. Harmonis.
Ternyata, apalah artinya jikaa… Belum ada yang berpikir bagaimana caranya, agar seluruh anggota keluarga ini kelak bisa berkumpul kembali di Surga-Nya.

Allah Swt berfirman:

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh kampung akhirat iti lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kalian memahaminya?” (QS. Al An’am 32)

وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnyanakhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahuinya.” (QS. Al Ankabut 64)

إِنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۚ وَإِن تُؤْمِنُوا وَتَتَّقُوا يُؤْتِكُمْ أُجُورَكُمْ وَلَا يَسْأَلْكُمْ أَمْوَالَكُمْ

“Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu.” (QS. Muhammad 36)

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

‘Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanya permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak…” (QS. Al Hadid 20)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s