Lagi. Singapura-KualaLumpur.

Trip 27-29 April 2015 ini sebetulnya diawali oleh dorongan hawa napsu, hahaha.. efek liat kerusuhan di grup BD (backpacker dunia) akibat promo maskapai merah yang menawarkan kursi Nol rupiah. Tahun lalu. Abis booking, iseng, pasang status, nyari temen barengan yang mau backpacking SG-KL.

Responnya 30an yang mau. Agak males juga klo kebanyakan, ngadepin mau-maunya travellers itu lumayan nguras kesabaran. Kebanyakan mindset-nya masih serasa jalan-jalan dengan tour-travel. Apalagi ada yang nekad mau bawa ibunya, anaknya. Waduh? Kukasih pemahaman detil aja kita akan banyak jalan kaki ratusan kilometer loh mbak, mandi di stasiun, terminal bus, nginap di guest house yg bule-nya pada ngerokok, apa ngga kasihan ibunya/dedeknya.. bla bla bla.

Alhamdulillah doaku terjawab. Pada hari H, cuma 12 orang yang berangkat. Usia 20-40. Yes!!  Suka banget pada nurut saranku, pakai sepatu yg enak buat jalan kaki maraton. Bawa ransel yang beratnya kurang dari 5 kg. Timbang dulu, beberapa hari sebelum berangkat. Bawa botol minum kosong, buat diisi air keran/minum atau buat diisi air cebokan sebelum masuk toilet. Bawa cemilan dikit buat nipu cacing perut kalo terpaksa delay jam makan.

Jakarta – Singapura.
Keberangkatan ontime. Sampai Changi ku angon rombongan ke toilet dulu, lalu penuhin botol air minum, lanjut lewatin imigrasi, terus menuju stasiun MRT beli EZ-Link Card $12 top up $10. Kita bisa bebas menjelajah Singapura naik MRT dan bus SMRT dengan kartu EZ-link. Gak perlu rusuh ketambahan dan ngorek recehan di dompet tiap mau naik kendaraan umum. Tinggal Tap, masuk ruang tunggu.

Tujuan pertama stasiun Bugis. Mau ngapain? Hampir jam 12. Makan siang dulu. Saya ajak mampir di Hajjah Maemunah. Citarasa Melayu, Jawa, Sunda. Harga $5-$8. Enak, porsinya nonjok. Haha… Setelah makan, solat di Masjid Sultan. Bubar solat, balik lagi ke stasiun Bugis naik MRT turun di stasiun Raffless Place, baru deh mulai jalan kaki santai marathon. Merlion Park – Esplanade – The Helix Bridge – Marina Bay Sands – Gardens by the bay (GBTB).

Tujuan kedua. Sentosa Island. Universal Studio. Dari GBTB jalan menuju stasiun Bayfront, naik MRT  menuju Mal Vivo City. Masuk Mal naik ke lantai 3 menuju stasiun monorail yang akan membawa kita ke Sentosa Island. Kubiarkan mereka puas-puasin di USS. Saya istirahat, ke toilet salin pembalut, cuci tangan, cuci muka, lalu duduk ngadem di bawah pohon, BBM-an dengan suami dan anak.

Tujuan ketiga. Mustafa Center. Belanja oleh-oleh.  Dari stasiun di basement Mal Vivo City kami naik MRT ungu, turun di stasiun Farrerr Park. Mengembalikan kartu EZ-Link di stasiun Farrer Park, sisa saldonya lumayan $7 bisa buat belanja coklat. Jalan kaki lagi sampai Mustafa. Saya kasih waktu 60 menit untuk berburu oleh-oleh dan tukar sisa dollar Singapura ke ringgit Malaysia.  Ada konter valuta asing dengan nilai tukar paling bagus di Singapura, salah satunya di Mustafa Center. Saya sendiri hanya beli coklat koin dan Cetaphil Gentle Cleanser yang klo di Jakarta harganya hampir dua ratus ribuan, di Mustafa cuma $9.

Tujuan keempat. Kuala Lumpur (KL).
Dari Mustafa naik taksi ke Golden Mile Complex (GMC). $7. Satu taksi bisa 4 orang. Jadi per orang patungan deh $2. Lebihin buat tips drivernya. Dari halaman mal GMC itulah kami naik bus malam tujuan Kuala Lumpur. Busnya dari luar lumayan bagus. Susunan bangkunya 1-2. Lebar. Empuk. Reclining-Seat. ACnya dingin. Sementara yang lain tidur pulas, saya whatsapp-an dengan Haris (orang Indonesia) penyedia jasa mobil elf di KL. Sampai terminal bus Pudu Sentral jam 5 pagi kami turun, jalan kaki sekitar 500 meter, baru sampai penginapan. Marquee Guezz House, lokasinya persis di samping Pasar Seni Central Market  Semangat mandi, solat Subuh, sarapan. Belum bisa check-in. Titip koper saja lah di lobi-nya. Jam 9 mobil travel sudah menjemput di depan Central Market.

Kalau kemarin seharian jalan kaki maraton, maka hari kedua ini manjakan kaki dan tubuh di dalam bus-persiaran (elf khusus wisata). Mulai Independence Square, KL city gallery, Masjid Jamek, Nasi Kandar Pelita,  Rumah Raja (istana),  Masjid Negara, Islamic Art Museum, Batu Cave, dan terakhir, sudah sore, baru ke Mal Suria KLCC. Puas-puasin foto di bawah menara kembar Petronas. Malamnya, saya bebaskan mereka ngelayap ke Chinatown Petaling Street. Menunggu mereka selesai belanja oleh-oleh, saya jajan Kebab Arab di pinggir jalan sambil BBMan lagi sama si ayah dan kakak.

Hari ketiga. Putrajaya.
Jam 8 check out. Sarapan di KFC, tetangga hostel kami. Saya selalu belanja buah Sunkist di tukang buah yang suka mangkal di depan Central Market. Bekal ngemil di jalan.  Supaya nggak dehidrasi. RM 10 dapat 5 buah. Ranum, airnya banyak, manisnya segar.  Dari stasiun Pasar Seni kami naik kereta menuju KL Sentral, RM 1. Lalu nyambung kereta KLIA-Transit sampai stasiun Putrajaya Sentral, tiketnya RM 9,5.  Lalu nyambung bus tujuan Putera Square / Masjid Putera RM 0,5 per orang.

Atraksi di Putrajaya banyak bangunan gedung yang bentuknya unik. Kayak di negeri dongeng ali baba, apa ya? Lucu aja, menurut selera mata saya. Masjid Pink. Jembatan Putera. Kantor Perdana Menteri. Kantor Kehakiman dan Masjid Besi-nya yang tempat solatnya seperti terapung di atas danau.

Ba’da Dzuhur yang 7 orang menuju KLIA2, yang 5 baru besoknya pulang ke Jakarta.  Dari Putrajaya Sentral ke KLIA2 naik kereta cepat, namanya KLIA-Transit. Ongkosnya RM 10. Hanya dua puluh menit kami sudah turun di bandara KLIA2.  Luas dan jauuuhh banged sampai di ruang tunggu keberangkatan. Delay sejam. Pesawat take off hampir jam 20.  Alhamdulillah jam 21.30 waktu Jakarta kami sudah antri imigrasi Cengkareng, dengan selamat dan sehat. Terima kasih Ya Rabb. Tiap perjalanan memberi hikmah yang berbeda-beda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s