Tips Wisata Hemat Singapura Bagi Pemula

Berwisata secara mandiri (independent travelling) menjadi pilihan banyak orang, karena bisa memberikan kebebasan lebih bereksplorasi. Pelancong pemula bisa pelesir dengan biaya murah meriah di Singapura dengan rencana perjalanan terinci, per hari, mau kemana, naik apa, makan hemat mampir dimana, dan seterusnya. Jauh-jauh bulan sebelum keberangkatan.

Tentukan daerah atau tempat-tempat yang akan kita kunjungi. Baca lebih banyak informasi dari google. Bertanya kepada orang yang sering bepergian ke negara ini 6 bulan terakhir.

Daftarkanlah surel kita untuk berlangganan surat kabar elektronik dari maskapai penerbangan http://www.tigerair.com atau http://www.airasia.com atau http://www.jetstar.com. Begitu ada promo, kita akan mendapat pemberitahuan melalui surel yang telah kita daftarkan. Saya sering membandingkannya dengan harga tiket pesawat di http://www.tiket.com. Jika memiliki kartu kredit, bank tertentu memberikan potongan harga tiket pesawat hingga Rp 50.000,-

Kalau ke Singapura, lebih hemat kemana-mana naik MRT atau bus, dan jalan kaki. Kemarin tanggal 21-22 Januari kami modal kartu EZ Link, top-up $10, dari Changi – Merlion – Gardens by the bay – Marina Bay Sands – Mustafa – Sentosa – Orchard – Bugis – Changi. Cek deposit di kartu EZ Link masih ada sisa saldo $2.

Pelajari peta MRT klik di sini dan atau di sini http://sgwiki.com/wiki/Trains.

Pelajari transportasi umum dari dan ke tempat tujuan, naik apa, klik http://www.gothere.sg/. Misalnya kita dari Changi mau ke Orchard, ketik: Changi to Orchard. Nanti muncul deh solusi pilihan kendaraan buat kita. Saya juga suka “menjelajah” jalan-jalan di Singapura lewat google map, hanya untuk mendapat bayangan lebih jelas, jika harus berjalan kaki dari stasiun MRT menuju lokasi tujuan.

Menginap dimana?
Menginap di dorm (hostel) bayarnya per orang. Ada yang $12, ada yang $15, ada yang $30 tergantung lokasi dan fasilitas yang tersedia di hostel tersebut. Sebagian besar sudah termasuk sarapan gratis, tapi ada juga beberapa yang tidak termasuk sarapan. Satu dorm ada yang berisi 6 tempat tidur, 10 tempat tidur, sampai 20 tempat tidur. Kamar mandi bersama. Ada juga hostel yang menyediakan private room dengan kamar mandi di dalam kamar, seperti abc hostel.

Intip dulu, ulasannya, bagaimana keadaan hostel dari pengalaman orang yang pernah tinggal di hostel tersebut. Kita bisa baca ulasannya di http://www.agoda.com atau http://www.TripAdvisor.com atau http://www.booking.com atau http://www.hostelworld.com , lalu pilih yang dekat dengan stasiun MRT, halte Bus, dan makanan halal murah. Ada beberapa situs yang memberlakukan Gratis biaya pembatalan. Saya juga sering membandingkan harga di situs-situs tersebut di atas, dengan harga di situs hostelnya langsung.

Sesampai di Changi, lepas dari petugas imigrasi, ambil peta Singapura.

Makan dimana?
Banyak yang merekomendasikan Ananas Cafe sebagai tempat makan super murah (dan katanya sih Halal) nasi ayam cuma $2.

Kemarin saya bawa duo oma sarapan di rumah makan Hj. Maemunah Jalan Pisang, selera Jawa-Sunda, enak, porsinya nampol sampe sore, cuma bayar $4 – $6. Makan sore beli murtabak daging rusa yang rasanya juga enak banget, porsi small size cukup kenyang buat bertiga, $10 saja.

Gak beli minum. Bekal botol isi air dari hostel, isi ulang di water tap. Kemarin kami isi ulang di Gardens By The Bay, sama di Changi. Airnya dingiiin, segeerrr.

Tapi… jangan irit-irit beli buah potong; pepaya, nenas, semangka, dan sebagainya. Ngemil buah bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Cuci tangan sebelum makan. Nggak asyiik kaan lagi enak jalan-jalan terganggu sakit hanya karena kurang menjaga kebersihan.

Bawa bekal suplemen, obat-obatan.
Saya biasa bekal vitamin C dosis 1000 mg. Analgesik (penurun panas, pereda rasa sakit), anti diare. Vermint, kapsul isi bubuk cacing, protein tinggi. Saya minum Vermint sebelum tidur, dan vitamin C setelah sarapan.

Saya tidak masuk ke Universal Studio karena sebelas duabelas dengan Dufan di Jakarta.🙂

Saya tidak makan dan berbelanja produk fesyen di Orchard. Tapi kalau mau, ada toko coklat murah di Lucky Plaza, namanya Choc Spot. Tapi saya lebih suka beli coklat dan snacks yang enak-enak, murah, dan banyaaakk banget pilihan, di Mustafa Center.

Mau beli oleh-oleh, souvenir, gantungan kunci, gunting kuku, cermin saku, bisa beli dengan harga sekitar $1 – $2 per pc, banyak pilihan di kawasan Chinatown – Pagoda St, atau di toko Salmin – Bussorah St dekat Masjid Sultan.

Lokasi yang keren di Singapura untuk berfoto, selain Merlion Park, ada di Gardens By The Bay, Orchard Road, Universal Studio Sentosa, Masjid Sultan, Esplanade, The Helix Bridge, dan Marina Bay Sands. Semua tempat di atas berada di seputar pusat kota, jadi jika memang kita hanya punya waktu di akhir pekan saja untuk dihabiskan di Singapura, tetap bisa mengunjungi tempat-tempat ini. Siap-siap untuk ‘jepret’ sana-sini.

Namanya jalan-jalan di Singapura , ya pasti lebih banyak jalan kaki.
Pakai kasut (alas kaki) yang paling nyaman untuk berjalan kaki setengah harian. Bawa juga bekal minyak kayu putih, aromacare, dan koyo.🙂

Sebelum istirahat shower air anget. Terus gosok kaki mulai dari belakang lutut, betis, sampai telapak kaki dengan minyak kayu putih campur aromacare lavender supaya nyaman enak tidur. Tempel koyo, baru deh tidur. Besoknya segeerrr lagi, enak lagi nih kaki dipake jalan.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s