SG-KL 12-14 NOV 13

Bepergianlah. Maka ada lima keutamaan untukmu
Melipur duka dan memulai penghidupan baru
Memperkaya budi, pergaulan yang terpuji,
serta meluaskan ilmu.

Syair di atas adalah karya Imam Syafii, saya kutip dari novel Ahmad Fuadi berjudul Rantau 1 Muara. Ya, kalau saya ditanya, kenapa suka travelling, jawabannya standar, refreshing. Berkelana dengan sahabat, mengunjungi tempat baru, belajar budaya dan tradisi masyarakat setempat, mendapat teman dan ilmu baru, semua itu memberikan kebahagiaan tersendiri.

Posting ini adalah lanjutan dari “8 Jam di Singapura” dalam rangkaian perjalanan wisata hemat 3 hari, Singapura dan Kuala Lumpur. 12-14 November 2013 yang lalu. Ari, Senny, Rina, dan saya. Salah empat dari ibu-ibu doyan pelesir. Maunya keluar ongkos sehemat mungkin, mendapat pengalaman sekaya mungkin, dan tetap bisa istirahat nyaman.

Awal September lalu saya mendapat info dari Retno, kawan SMA, Tigerair sedang promo, berangkat bayar, pulang gratis. Langsung saya intip website-nya. Ehh iya bener. Saya ajak teman-teman di contacts bebeem. Banyak yag tertarik, tapi banyak pikir-pikir. Akhirnya yang siap paspor dan bisa cuti 4 hari cuma Ari Sules (dulu kawan sekantor saya), Senny (kenalan di facebook), Rina (mama Cantika, kawan SD anakku). Booking tiket pesawat Jakarta – Singapura PP harga Rp 640.000,- per orang. Jatah bagasi 20 kg. Kalau tanpa bagasi, dapat Rp 490.000,-

Saya googling tempat-tempat yang akan kita kunjungi, dimana saja, naik apa yang mudah murah meriah, makan dimana yang halal, bersuci dan solat dimana, menginap dimana, dan sebagainya. Saya kumpulkan informasi terbaru dari kawan yang ke Singapura dan Kuala Lumpur satu bulan terakhir. Tiket apa saja yang bisa kita beli secara online. Bagaimana prosedur imigrasi, masuk dan keluar negara yang kita kunjungi. Semua kami riset dan susun dalam itenary secara detil.

Booking hotel lewat Agoda.com. Tiap Jumat saya terima email promo harga hotel dari Agoda. Sedapat mungkin saya cari hotel yang dekat dengan stasiun MRT, masjid, dan makanan halal. Sebelum booking, baca dulu ulasan orang-orang yang pernah menginap di hotel yang akan kita book. Bagi saya, hotel itu cuma buat simpan tas, mandi, dan istirahat efektif di malam hari. Tak ada tivi dan jendela pun tak masalah, yang penting BERSIH dan AMAN.

Booking tiket kereta Johor Baru – Kuala Lumpur juga online dari website-nya. Booking satu bulan sebelum tanggal keberangkatan, supaya bisa pilih seat berdekatan. Perjalanan naik kereta malam ini lumayan menghemat biaya penginapan. Sampai di stasiun Kuala Lumpur Sentral sudah jam 7.30 pagi, pergi ke bilik mandi, dandan, sarapan, langsung menuju kota Putrajaya.

Kami menginap di My Hotel @ Sentral yang jaraknya hanya 300 meter dari stasiun KL Sentral. Ulasan dari enam ribuan orang yang pernah menginap di hotel ini, 80% positif. Aman. Lokasi strategis. Banyak tempat makan. Dekat pasar Central Market dan Petaling Street Chinatown. Kemana-mana tinggal naik commuter RapidKL. Bus juga banyak. Hotel ini juga menawarkan paket Half Day City Tour dengan harga hemat untuk 4 orang.

Berhubung di hari ketiga ibu-ibu yang jarang olahraga ini sudah pasti kecapekan, maka kami ambil paket tur setengah hari tersebut. Check out. Selesai tur kami diantar sampai KL Sentral untuk naik bus tujuan LCCT airport. Bulan lalu dapat harga promo Tiket.com KL-SG cuma Rp 100.000,- (tanpa bagasi), atau Rp 240.000,- jatah bagasi 20 kg.

Sampai Changi jam 7 malam, sedangkan pesawat kami ke Jakarta jam 10. Jadi kami sempat jelajah Changi airport. Senny dan Ari penasaran ke Charles & Keith, sedangkan saya menemani Rina makan dan jalan-jalan menuju ruang tunggu, sambil meriset ulang dan menulis beberapa catatan tambahan, karena akhir Januari 2014 rencana membawa ibu saya insyaAllah.