Hidup Bahagia Tanpa Harus Menjadi Sempurna

Bahagia. Kata yang mudah diucapkan tapi sering tak mudah untuk benar-benar merasakannya. Benarkah kita baru bahagia setelah punya segalanya? Berikut adalah beberapa tips dari para ahli untuk tetap bahagia meski hidup kita jauh dari sempurna.

1. Pikirkan tentang apa saja yang kita punya, bukan apa yang kita tidak miliki.

2. Buatlah diri kita dikelilingi hal-hal yang kita sukai. Seperti berkebun, atau melakukan aktivitas bersama kawan, orangtua, pasangan dan anak-anak. Bersama orang-orang yang tulus menyayangi diri kita.

3. Bersenang-senanglah. Berkumpul bersama teman-teman, pergi ke gunung, berenang, berendam di kolam air panas, ke pantai, menonton film, dan sebagainya.

4. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain. Setiap orang dilahirkan unik. Berbeda. Tidak mungkin kita memiliki semua yang orang lain miliki. Sebaliknya juga. Diri kita punya kelebihan yang orang lain tidak. Masing-masing individu punya keistimewaan.

5. Buatlah Tujuan Hidup atau target yang mulia. Supaya setiap hari bangun tidur kita bersemangat mengejarnya. Ingat juga, betapa bahagianya perasaan kita ketika berhasil mencapainya.

6. Buat hidup lebih berwarna. Alami pengalaman-pengalaman baru, buatlah diri kita tertarik beberapa bidang. Sehingga terasa harmoni keseimbangan dalam menjalani hidup ini.

7. Ambisi penting. Tapii… Kita perlu berhati-hati sisi negatif ambisi bisa menghasilkan stress atau frustrasi ketika tak berhasil mencapainya. Kita akan semakin menderita jika menilai diri hanya dari pencapaian ambisi saja. Sisi positifnya, ambisi dapat membuat hidup kita lebih bersemangat mengejar cita-cita.

8. Singkirkan sumber informasi yang tidak perlu. Seperti mengikuti berita-berita tentang tingkah polah selebriti, dengan kekayaan dan kemewahan hidupnya yang tak mungkin kita miliki, karena hal ini dapat membuat kita berangan-angan, tergoda, membanding-bandingkan, atau jadi punya perasaan tak berarti. Pilihlah media informasi yang bisa membantu kita bahagia.

9. Temukan bakat. Kembangkan. Hal ini bisa membuat diri kita lebih unik, lebih berharga bagi dunia.

10. Nikmati saja momen saat ini. Lihat sekeliling, perhatikan, apa saja bisa membuat kita bahagia, di tempat ini, dan di saat ini juga. Nikmati saja.

Selamat mencoba.🙂

Ahad, 3 Nov 2013.
Di tengah kemacetan Jl. Puspitek Serpong yang pamer paha, padat merayap tanpa harapan.:D
Menyalin dan menyunting artikel dari Majalah Sehat Alami. Vol 3 / THN I / 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s