MASJID ABDUL GAFOOR SINGAPURA

Image

Terletak di sebuah area pemukiman muslim, Kampong Kapor, tepatnya di Dunlop Street berdiri sebuah masjid termegah yang ada di Singapura. Masjid Abdul Gafoor ini buka setiap hari dan akan menjadi lebih ramai ketika saat adzan tiba. Wisatawan yang ingin datang dan masuk juga tidak akan dipungut biaya apapun, kecuali berinisiatif sendiri untuk memberikan sedekah amal di kotak yang tersedia di pelataran masjid. Dibangun pada tahun 1907, hingga kini masjid Abdul Gafoor berhasil mengabadikan kemegahan pada masa itu.

Masjid ini telah beberapa kali mengalami pemugaran. Dan pemugaran terakhir yang pernah dilakukan disini selesai pada tahun 2003. Uniknya, masjid ini memiliki beberapa nama, yaitu : Abdul Gafoor Mosque, Abdul Gafor Mosque, Abdul Gaffor Mosque, Abdul Gaphore Mosque, Abdul Gapore Mosque, Dunlop Street Mosque dan Indian Mosque.

Image

Masjid ini awalnya didirikan agar kaum Muslim India Selatan yang bertempat tinggal di area Kampong Kapor memiliki tempat peribadatan khusus. Kemudian, pada tahun 14 November 1881 tanah ini diwakafkan oleh Ismail Mansor dan Shaik Abdul Gaffoor bin Shaik Hydert. Tadinya, sebagian tanah ini juga diwakafkan untuk kuburan Islam namun akhirnya ditutup pada 1921 karena sesuatu hal. Pada tahun 1907, Masjid Abdul Gafoor secara resmi dibangun. Pada saat Shail Abdul Gafoor meninggal di tahun 1919, masjid ini masih dalam kondisi separuh jadi. Sepeninggalnya, anak beliau mengambil alih tanggung jawab pembangunan dan berhasil diselesaikan pada tahun 1927. Kemudian pada tahun 13 July 1979, masjid ini resmi dianggap sebagai Monumen Nasional.

Arsitektur masjid yang satu ini sungguh luar biasa megahnya. Dari luar, pintu masuknya terdapat beberapa buah dan semuanya tampak besar-besar dihiasi dengan ukiran kayu bernilai seni tinggi. Aula shalat utamanya dikelilingi oleh beranda yang melekat pada pilar-pilar semi lingkaran. Terdapat kaligrafi menghiasi interior ruang shalat. Mimbar antara Imam dan Makmum dipisah dengan tiga buah anak tangga. Sementara di lantai kedua pemandangan yang hampir sama juga terlihat. Selain itu, Terdapat pula menara adzan berbentuk heksagonal (persegi enam) yang menjulang dengan memukau.

Jam Buka : Setiap Hari s.d. jam 21.30
Lokasi : 41 Dunlop St Singapore 209369

Telepon:+65 6295 4209

Image

Cara mencapai Masjid Abdul Gafoor:

Naik MRT hijau (East West Line) turun di BUGIS (EW12) keluar Victoria Street, menghadap Barat Daya arah Rochor Rd, belok kanan masuk dan menyusuri Rochor Road, perempatan Sim Lim belok kanan masuk Jalan Besar, lurus, sampai Dunlop St. (sebelah kiri), belok kiri masuk Dunlop St. jalan sekitar 100 meter, Masjid Abdul Gafoor ada di sebelah kiri. Petanya bisa klik di sini.

  • masjid yang ada di singapura
  • masjid abdul gafoor singapore
  • Kisah masjid abdul gaffur
  • masjid Abdul Gaffoor
  • masjid abdul gafur di singapura
  • masjid termegah disingapore
  • masjid termegah singapore
  • www masjid gofur singapura

6 thoughts on “MASJID ABDUL GAFOOR SINGAPURA

  1. It’s a very recommended place to be visited, Bu Aeres. Thanks for the detail information. I’ll visit this magnificent Masjid someday, Insha Allah.πŸ™‚

    • Dear Sulis. Thanks for visiting my blog. Nggak perlu buru2 krn saya masih punya segabruk info travel menarik yang sayang utk dilewatkan. Ikuti trs blog ini yaa.πŸ™‚

  2. mantapp..jadi pengen liat ksana..πŸ™‚ oia mba, ditambah perkiraan ongkosnya skalian kalo bisa,biar bisa jadi pertimbangan budget..hehhee..salam travellerπŸ™‚

    • @Eva: siaaapp.πŸ™‚
      Mmg ada rencana posting cerita harian plus budget-nya. Masih dlm antrian draft, ditunggu saja yaa. Terima kasih Eva. …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s