Doyan Makan Enak dan Tetap Langsing

Teman-teman saya baik offline maupun online 3 pekan terakhir ini heboh membicarakan OCD, penasaran saya googling dan nonton videonya di youtube, oooh itu loh diet uniknya Dedy Corbusier. Makan enak ddan tetap langsing tanpa suplemen. Ada yang berhasil melangsing, turun 5-6 kilo dalam 1 bulan. Ada juga yang menjerit, “Gak tahan. Susah. Ribet.” Yowis, Ora uCah Dipikirin tho. Hehehehee.😀

Saya pernah gemuk setelah melahirkan, tapi nggak sampe bengkak banget, hampir 80 kilogram. Cukup lah merasakan efek negatifnya. Jalan jauh dikit napas megap-megap senen kemis. Pake baju model apa aja keliatannya jadi aneh, gak ada cantik-cantiknya sama sekali. Suami mulai komplain. Ibuku juga tiap hari berisik ngajak senam. Teman kantor, teman main juga peduli, ada yang memotivasi, ada juga yang nakut-nakutin. Cukup “nancep” juga di hati.

Berbagai diet saya coba jalani tapi hasilnya kurang memuaskan. Badan jadi lemes, gampang pusing, kelaparan, mood kacau gak karuan. Minum suplemen pelangsing, gak berani. Sewa konsultan gizi, belum cukup anggarannya. Hehee. … Tapi melihat foto-foto jadul, keinginan untuk kembali ke berat badan sebelum nikah, kuat banget. Saya kepikiran, tambah porsi olahraga. Tapi nggak mau juga kulit menggosong akibat paparan matahari. Jalan-jalan menyusuri Mall di Jakarta, sambil window shopping, sekian lantai, sambil bolak balik intip jam. Naik turun angkot kemana-mana. Minimal saya jalan kaki (agak cepat) 1 jam nonstop. Olahraga di malam hari saya perbanyak rakaat qiyamul lail (semoga Allah terima ibadah saya).

Saya tahu yang bikin gemuk itu: gula. Maka saya mainkan pikiran saya. Teh manis itu (maaf) seperti air seni orang sakit. Susu kental manis itu eneg, bikin pusing. Nasi putih, bakso, mi ayam itu bikin perut bunciit. Dan sebagainya. Saya ciptakan gambaran ekstrim, mengerikan atau menjijikkan di dalam otak sehingga saya nggak doyan jenis makanan tertentu. Tapi sekarang sih sudah gak perlu begitu lagi, kebiasaan memilih makanan sudah tertanam di bawah sadar.

Permainan pikiran pun saya lakukan, sehingga saya bisa menyukai sayuran dan buah-buahan yang kaya serat. Saya bayangkan sayur dan buah segar itu, rasa es krim vanilla kedoyanan saya. Meskipun sampai sekarang saya masih belum bisa doyan apel. Tapi tiap hari sampai sekarang saya makan kombinasi melon, pepaya, nenas, semangka. Setengah jam sebelum makan utama. Meskipun sering tak punya pilihan dalam sebuah jamuan makan misalnya, jangan stress, jangan merasa bersalah. Rileks dan nikmati rezeki kita. Bersyukur lidah masih bisa merasakan makanan lezat. Tapi besoknya sikaaatt “bakar” lemak dengan olahraga. Minum air putih 8-12 gelas per hari.

Saya pelajari kiat sehat dan pola makan Rasulullah Saw. Lepas bulan Ramadhan langsung saya “geber” qodho hutang puasa. Kalau masih keburu, tambah shaum 6 hari Syawal. Saya jalani shaum Senin Kamis dan sempat juga puasa Daud. Buka puasanya sebutir kurma dan air, tahan diri jangan sampe kalap, kalau lapar tetap makan, secukupnya, ngga sampe kenyang, asal bisa fokus ibadah dan melanjutkan pekerjaan. Sekarang berat badan saya di kisaran 55 kilogram, 6 kilo lebih dikit dibanding sebelum menikah. Alhamdulillah.

Kondisi orang berbeda-beda. Ada yang makan apa aja bisa tetap langsing. Ada juga yang sensitif banget dengan gula, makan kalori dikit aja langsung naik berat badannya. Untuk yang terakhir ini memang suka ngga suka sport-nya perlu dua kali atau lebih kali. Perlu ekstra usaha bakar lemak. Supaya bisa tetap makan enak, tetap sehat, dan langsing. Saya lebih percaya olahraga dan gaya hidup sehat yang telah Rasulullah Saw contohkan. Simpel. Makan, ngemil, apa aja. Asal kira-kira porsinya. Asal ngilangin pengen.

“Makan dan minumlah, dan janganlah berlebihan. …” Qur’an surat Al A’rof (7) ayat 31. Doyan makan enak dan ingin tetap langsing, olahraga solusinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

