Asupan Sehat Mencerdaskan

Shandra Dewiyantie shared the following link and had this to say about it:

Berikut 5 makanan dan minuman yang dapat membantu proses belajar Anda, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (6/6/2013):

1. Ikan-ikanan
Masalah umum yang beberapa orang hadapi saat ini adalah mengingat tugas sehari-hari yang sederhana. Jika Anda termasuk orang yang ingin meningkatkan kemampuan mengingat, masukkan ikan dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Para ahli mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan-ikanan seperti ikan sarden, salmon, dan makarel, sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama untuk otak. Sertakan porsi ikan dalam menu makan Anda setidaknya 2 kali seminggu untuk mencegah sering lupa.

2. Sayur-sayuran
Meskipun tidak terlalu disukai oleh sebagian besar orang, penelitian mengungkapkan bahwa sayuran sangat baik untuk otak. Bayam dan brokoli tinggi akan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Keduanya dikenal sehat untuk tubuh. Selain itu, bayam dan brokoli juga mengandung folat yang dikenal mampu meningkatkan kecepatan otak dalam menerima informasi dan mengingatnya.

3. Telur
Telur banyak mengandung mineral dan vitamin, sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik bagi otak. Telur juga kaya akan zat besi, yodium, dan vitamin B12. Zat besi berfungsi untuk menciptakan sel darah merah, sedangkan sel darah merah ini membawa oksigen ke otak. Dengan begitu, memasukkan telur dalam menu makanan akan membuat Anda lebih waspada. Selain itu, yodium yang juga terkandung di dalam telur juga dikenal meningkatkan kemampuan otak untuk memecahkan masalah.

4. Teh hijau
Tahukah Anda bahwa otak terdiri dari hampir 80 persen air? Ini berarti Anda harus tetap terhidrasi agar otak dapat berfungsi dengan baik. Selain minum minimal 8 gelas per hari, Anda juga bisa sempatkan diri untuk minum secangkir teh hijau setiap hari. Para peneliti mengungkapkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan memori, sementara antioksidan di dalamnya mengurangi risiko demensia.

5. Cokelat
Cokelat kaya akan flavonoid, sebuah zat kimia yang dapat meningkatkan kerja otak. Mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate diketahui dapat meningkatkan keterampilan kognitif. Para ahli menambahkan bahwa flavonoid juga dapat mengaktifkan pembentukan neuron baru di otak, sehingga memori baru dapat dibentuk dan meningkatkan aliran darah ke otak.
(^o^)

http://m.detik.com/health/read/2013/06/06/081438/2266262/766/otak-lebih-tajam-dengan-5-nutrisi-ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s