Surat Cinta untuk Muslimah

Demi masa[1]. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian[2]. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran[3]

Tafsir surat Al Ashr (Wal ‘ashri) yg hanya 3 ayat. Surah ini berkaitan dengan Sumpah اَللّهُ yg Maha Besar dan Maha Benar, Demi masa,[1]. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian dalam ayat ini اَللّهُ menjelaskan bahwa semua manusia berada dalam kerugian total. entah itu pedagang, petani, tua, muda,tinggal di desa atau kota semua dalam kerugian KECUALi orang yg mau BERIMAN.

Kemudian apa cukup beriman? tidak ! Setiap Wa, artinya “dan” saling terhubung antara ayat satu dengan lainnya, baca lagi surah ini, jadi kita masih rugi dan tak cukup iman saja namun kita perlu mengerjakan AMAL SALEH. Amal saleh yg bagaimana? Bukan amal soleh yg seremonial, tapi amal soleh yg memang bisa kita rasakan kelezatan kemanisan iman di hati. Bukan ibadah yg semata-mata memenuhi kewajiban. Tapi ada kerinduan pada اَللّهُ . Ada rasa ingin berjumpa pada اَللّهُ .

Kemudian tidak cukup hanya iman dan amal soleh tapi juga SALING MENASEHATI dalam taat pada kebenaran. Peduli dengan orang lain.

Kemudian jika sudah iman amal dan saling menasehati itupun masih rugi. Klo mau UNTUNG, tahap yang keempat harus dikerjakan. Ketika dalam proses saling mengingatkan perlu ada KESABARAN, menguatkan kesabaran, sabar terhadap celaan hujatan orang-orang yg tidak suka dinasehati.

[Sumber: status facebook YusufMansurNetwork]

Pagi ini saya mau ajak sahabat muslimah, yuuk berhijab. Kenapa? Sedikitnya ada 7 keuntungan berhijab:
1. Salah satu amal soleh yg mudah. Hijab adalah Perintah اَللّهُ dalam QS An Nur ayat 31 dan QS Al Ahzab ayat 59.
2. Wujud cinta muslimah kepada Dzat yg telah melimpahkan nikmat hidup yg luarbiasa.
3. Berhijab, mempercepat turunnya pertolongan اَللّهُ
4. Menambah keberkahan rezeki.
5. Penjagaan diri dari gangguan laki-laki yg pikiran & hatinya kotor.
6. Penjagaan diri, hati merasa lebih malu berbuat maksiat.
7. Menambah ketenangan batin dan kebahagiaan sejati.

Berhijab sebaiknya SEGERA sebelum ajal menjemput. Tak perlu menyusun berbagai alasan dan pembenaran utk tak berhijab. Suka atau tak suka, ini perintah اَللّهُ kepada wanita muslimah, baca alQuran surat al Ahzaab ayat 59, dan surat anNuur ayat 31. Kelak setiap diri pasti akan mempertanggungjawabkan tentang apa yg telah diketahuinya, apa pun yg telah sampai kepadanya.

Sekolah berhak “memaksa” siswi. Orgtua/wali berhak “memaksa” anak. Suami berhak “memaksa” istri muslimah utk berhijab krn hijab adalah perintah اَللّهُ . Bukan masalah, apapun motivasi awal berhijab: apakah krn mode, atau krn ajakan orglain, atau krn keterpaksaan, atau krn patah hati, dsb. Boleh. Hidayah اَللّهُ bisa jadi hadir lewat alasan2 awal tsb, krn hidayah itu kita yg jemput.

Sekolah ttp wajib membangun suasana belajar yang membangun kesadaran akan manfaat berhijab, orgtua ttp wajib memilihkan lingkungan yang kondusif buat anaknya. Suami boleh memilihkan lingkungan yang baik utk membangun kesadaran istrinya. Masyarakat yang telah paham pun harus peduli pada saudara/i-nya. Tujuan membangun kesadaran bahwa hijab itu bukan lagi kewajiban tapi mjd KEBUTUHAN.

Ketika turun ayat ttg hijab , serta merta kaum muslimah waktu itu LANGSUNG menutup tubuh dan kepalanya dengan apa saja kain yang ada, ada yang langsung menarik tirai gordyn, taplak meja, apapun. Hijab, bagi mereka bukanlah pilihan melainkan bagian dari komitmen cinta pada اَللّهُ dan Rasul-Nya.

Dan siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yg sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta. Dia bertanya, “Wahai Rabb-ku mengapa aku dalam keadaan buta padahal dahulu aku melihat?” Dia (Allah) berfirman, “Demikianlah, dahulu telah datang kepadamu ayat-ayat kami dan kamu abaikan, jadi begitu pula pada hari ini kamu diabaikan.” [QS Thaaha: 124-126]

Wahai Rabb kami, janganlah Engkau palingkan hati kami setelah Engkau tunjuki (kami jalan yang benar), dan berilah kami rahmat-Mu, karena Engkau Maha Pengasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s