Langsing. Sehat. Terpadu.

Sejak kuliah saya suka merhatiin, kebanyakan perempuan itu, klo udah nikah trs punya anak, badannya berubah jadi mekar melaar. Akibatnya, mulai kurang pede dalam pergaulan, perasaannya jadi lebih sensitif, gampang tersinggung, ahh ga asyik bgt deh, sampe ada yg diprotes sang suami.

Klo punya duit banyak maah bisa ikut program langsing ala artis. Nah yang duitnya pas2an buat makan dan bayar tagihan? Jalan pintas, minum obat pelangsing, efeknya bisa diare dan dehidrasi. Mau langsing sehat aja kok repot bnr sih bu🙂

Saya pernah hadir di seminar motivasi Tung Desem Waringin. Kata beliau, orang gemuk itu cuma satu penyebabnya: yang masuk (beliau nunjuk mulutnya) lebih banyak dari pada yang keluar (nunjuk bawah punggungnya, jari tangannya seperti sedang nyipratin air). Wakakak, lucu deh gayanya.

Langsing dan sehat itu berawal dari Mindset. Mindset yang ditindaklanjuti menjadi kebiasaan.

Panduan sehat dan langsing dalam Islam yang paling lengkap, mudah, dan murah. Tinggal soal MAU apa engga kita ngelakoninnya.🙂

PUASA.
Ada shaum wajib di bulan Ramadhan. Ada shaum sunnah: Senin Kamis, ayyamul bid (13,14,15), 6 hari di bulan Syawal, tanggal 10 Muharram, 10 hari pertama Dzulhijjah. Ini baru yang saya tau yaa.

Untungnya banyak, apalagi jika niat puasanya ikhlas karena Alloh, minimal dpt lima keuntungan:

1. Dosa-dosa diampuni.
2. Doa-doa dikabulkan.
3. Pahala ditambahkan.
4. Sehat.
5. Langsing.

Puasa itu artinya, kita ngasih ijin cuti sistm pencernaan. Kita aja seneng dpt jatah liburan, pulang balik kerja badan, perasaan, otak jadi lebih fresh. Ibarat mobil yang rutin serpis, ganti oli, tune-up, spooring, balancing, pasti lebih awet sehat mesinnya, lebih enak dibawa. Demikian juga tubuh kita.

Banyak loh, orang yang sakitnya jadi sembuh setelah rutin berpuasa. Diabetes, hipertensi, jantung, vertigo, obesitas, apalagi cuma sakit maag doang maah, lewaat. Justru puasa obatnya. Puasa itu detoksifikasi, nguras racun, dan menormalkan proses regenerasi sel baru. Itulah kenapa, orang yang rajin berpuasa juga kelihatan awet muda.

MAKANAN

Perhatikan. Apa yang dimakan, saat berbuka. Kebiasaan masyarakat kita saat buka puasa, tajilnya aja bisa 7 macam, belum makan utamanya, serba santan, gorengan, dan minim serat. Bandingkan dengan gaya hidup langsing sehatnya Rasulullah Saw. Hanya segelas air, dan 3 butir kurma. Lalu Beliau Saw langsung solat.

Dalam beberapa literatur saya ketahui bahwa Rasulullah Saw itu makan daging domba, favorit beliau daging paha bagian dalam, karbohidratnya dari gandum, bumbu racikannya bawang putih dan minyak zaitun, minumannya madu dan susu domba.

Intinya UBAH MINDSET: lebih penting makan gizi seimbang sesuai kebutuhan. Ulang-ulang ngomong sama diri sendiri, yakinkan, sayuran buah-buahan itu enak seenak coklat favorit kita, dan masakan bersantan itu ga enak rasanya eneg bau ketek. Misalnya.

OLAHRAGA

Rasulullah Saw pernah mengajak istrinya ‘Aisyah lomba lari, dan Beliau Saw membiarkan istrinya memenangkan lomba. Rasulullah Saw menganjurkan kita mengajarkan anak-anak, berkuda, memanah, dan berenang. Ini sinyal bahwa empat jenis olahraga ini sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan.

Olahraga maah sebenernya apa aja laah, yang penting keringetan, ada stretching-nya, bakar kalori, rutin (catet), dan porsinya tidak berlebihan.


!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=”//platform.twitter.com/widgets.js”;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,”script”,”twitter-wjs”);

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s