Khasiat Minyak Zaitun

Olive Oil adalah salah satu minyak tumbuhan pertama yang dibuat orang yang diperas dari buah zaitun ( Olea Europe L. ) yang aslinya dikembangbiakan di Cekungan Laut Tengah. Sejak jaman para nabi tumbuhan ini telah didayagunakan untuk memasak, bahan pengobatan, kosmetik, sabun, dsb.

Tuhan memuji pohon zaitun,
“… yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timu (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tak tersentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis).” [QS An Nur 24 : 35]

Zaitun adalah pohon yang pertama kali tumbuh di dunia dan pohon pertama yang tumbuh paska bencana air bah gletser. Zaitun tumbuh di tempat tinggal para Nabi dan di tanah-tanah suci. Tujuh puluh Nabi mendoakan keberkahan pohon zaitun.

“Konsumsilah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya, karena minyak zaitun itu berasal dari pohon yang penuh berkah.” [HR Timidzi].

Jean Carper, seorang ahli kesehatan dan gizi menunjukkan bahwa riset-riset terbaru di Italia mengungkapkan bahwa minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menangkal penyakit jantung termasuk timbunan kolesterol LDL dalam pembuluh darah.

Minyak Zaitun :

1. menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker
2. meningkatkan sistim kekebalan tubuh
3. mencegah kanker
4. melindungi dari diabetes
5. melawan lemak
6. memperlambat proses penuaan, dsb.

GRADASI KUALITAS MINYAK ZAITUN.
Extra Virgin : dihasilkan dari zaitun berkualitas No.1. memiliki keasaman alami kurang dari 1% . Rasa buahnya kuat, sangat baik untuk meracik salad.
Virgin : diproses secara mekanik dengan perasan tanpa panas, yang mengubah tingkat keasaman menjadi 1-5% . Disarankan dipakai meracik salad dan marinade.
Pure : campuran minyak zaitun sulingan diolah dengan uap dan bahan kimia dan yang Virgin dan harganya lebih murah. Tingkat keasaman 3-4% . Paling sering digunakan untuk memasak.
Extracted and Refined : dibuat dari sisa perasan pertama dengan menggunakan pelarut kimia, minyak Virgin ditambahkan sebagai penguat rasa.
Pomace : dibuat dengan ekstraksi kimia dari residu yg tersisa setelah perasan dan pemrosesan kedua. Mengandung keasaman 5-10% minyak Virgin ditambahkan sebagai penguat rasa.

Pakar minyak zaitun Dr. Deane membenarkan bahwa minyak yg Extra Virgin adalah salah satu jenis minyak yang dapat dikonsumsi dan dinikmati tanpa pengolahan kimiawi. Minyak Zaitun yang diperas segar dapat dinikmati langsung dan masih memiliki seluruh kandungan rasa alami, vitamin, mineral, antioksidan, dan zat sehat lain yang terkandung dalam buah zaitun matang.

Pengalaman pribadi.
Saya pakai Extra Virgin Olive Oil sebagai :

1. pembersih wajah, kombinasi dengan pembersih wajah yang rutin saya pakai.
2. pelembab malam hari, kombinasi dengan krim malam yang rutin saya pakai.
3. pijat wajah, menggunakan masager.
4. pijat dan bekam
5. obat gatal, digigit serangga, menghilangkan bekas, mengeringkan luka.
6. diminum, kombinasi dengan madu dan habbatusauda, untuk stamina daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan.
7. obat anti sembelit, anti diare, anti-maag.
8. campuran menu sarapan

Saya biasa beli Extra Virgin Olive Oil dari teman kantor suami merk Al Amir Spanyol… atau di toko perlengkapan dan oleh-oleh haji/umroh… atau dari supermarket merk Bertolli Italia.

Kalau teman-teman butuh info lebih jelas detil, silakan gali di internet banyak yang sharing koq… atau silakan baca bukunya.🙂

Sumber:
1. Buku Prof Dr Said Hammad berjudul 70 Resep Sehat dengan Minyak Zaitun.
2. Buku Cal Orey berjudul Khasiat Minyak Zaitun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s