Khasiat Mandi Fajar

Para Nabi dan Rasul adalah manusia mulia yang senantiasa menghidupkan waktu sepertiga malam sampai fajar. Karena itu mereka adalah manusia yang paling sehat dibanding umatnya. Keteladanan ini diikuti oleh para tabiin dan salafush shalih, meraih kesehatan dengan banyak mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, termasuk kebiasaan mandi fajar.

Dr. Abd.Hamid Dayyat dari Univ.Kairo-Mesir menjelaskan diantara manfaat bangun pagi, gas O3 (ozon) di udara sangat melimpah saat fajar, kemudian berkurang sedikit demi sedikit hingga habis ketika matahari terbenam. Gas O3 berpengaruh positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang.

Fajar adalah periode waktu yang mendahului matahari terbit, saat matahari berada di bawah horizon. Beberapa definisi teknis dari fajar, antara lain :

Fajar astronomi, adalah saat matahari berada 18 derajat di bawah horizon di waktu pagi.

Fajar nautikal, adalah saat terdapat cukup cahay matahari untuk membedakan antara horizon dan obyek-obyek yang berada di horizon, waktu matahari berada 12 derajat di bawah horizon di pagi hari.

Fajar sipil, adalah waktu terdapat cukup cahaya matahari untuk membedakan obyek-obyek, saat manusia nyaman melakukan aktifitas luar rumah, secara formal didefinisikan matahari berada 6 derajat di bawah horizon di pagi hari.

Fajar BERBEDA dengan matahari terbit. Matahari terbit adalah saat sisi matahari mulai terlihat di atas horizon.

Berbagai penelitian menyimpulkan, mandi fajar dengan air dingin berkhasiat :

1. Melancarkan peredaran darah. Menurut riset trombosit di Inggris, jika seseorang rutin mandi fajar dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh akan terasa lebih segar bugar.

2. Meningkatkan sel darah putih. Bila jumlah sel darah putih meningkat normal maka daya tahan dan kemampuan tubuh melawan virus pun meningkat. Tubuh menjadi lebih fit, prima, tidak mudah sakit.

3. Menurunkan resiko darah tinggi, mencegah varises, dan melancarkan sirkulasi darah ke organ tubuh.

4. Meningkatkan kesuburan.

5. Memperbaiki kesehatan jaringan, kulit, rambut dan kuku. Sangat baik untuk kecantikan, kulit jadi lebih kenyal, cantik sehat awet muda. Rambut jadi lebih kuat, tak mudah rontok.

6. Meredakan depresi, sangat dianjurkan untuk relaksasi, menjadikan pikiran dan jiwa lebih tenang nyaman, mengembalikan dan menambah semangat beraktifitas.

Sumber : Tabloid Bekam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s